Makna di Balik Manisnya Kue Mochi Khas Jepang

Inionline.id – Bentuknya lucu dengan cita rasa manis saat dimakan, siapa yang tak jatuh hati dengan kelezatan kue mochi? Kue khas Jepang ini memang sudah bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan bisa dipesan secara online dari rumah.

Selain itu, tak sedikit pengusaha kuliner yang berupaya keras menghadirkan mochi yang semirip mungkin dengan aslinya. Bukan hanya teksturnya yang dibikin kenyal dan lembut, secara ukuran bahkan dibikin sepresisi mungkin.

Tujuannya agar orang-orang menikmati mochi lokal ini, bisa merasakan sensasi seperti aslinya. Terlebih mochi sendiri di Jepang ternyata menyimpan makna mendalam, jadi bikinnya pun tak boleh asal-asalan.

Sembari menikmati manisnya mochi, berikut sejuta makna di balik kelezatan kue khas Negeri Sakura ini!

Pembuatan Mochi Jadi Atraksi Tersendiri

Hingga saat ini mochi di Jepang masih dibuat secara tradisional. Selain perlu teknik khusus, proses pembuatannya cukup menguras tenaga, tak heran jika pembuat mochi di Jepang sekarang ini sebagian besar kaum laki-laki. Bak karya seni, proses pembuatan mochi yang dilakukan minimal oleh dua orang ini pun menjadi atraksi tersendiri di Jepang.

Dipercaya Dapat Menambah Stamina

Bentuk boleh imut dan menggemaskan, tapi siapa kira kue mochi di Jepang dipercaya bisa menambah stamina. Lebih-lebih saat musim dingin tiba, kue mochi kerap jadi makanan andalan. Ini karena kue kenyal ini mengandung banyak kalori, tapi juga bebas gluten dan kolesterol. Wajar jika hampir semua orang Jepang yang dikenal menjunjung tingi gaya hidup sehat, begitu menyukainya.

Sajian Khas untuk Perayaan Mochitsuki

Tak kalah menarik, di Jepang ternyata mochi ini punya perayaan khusus. Perayaan bernama mochitsuki ini dihadirkan untuk merayakan tahun baru di Jepang. Hal yang menarik dari perayaan ini adalah para pembuat mochi terbaik dari seluruh penjuru Jepang akan berkumpul dan menunjukkan keahlian dalam membuat mochi. Atraksi ini pun begitu menarik perhatian, karena pengunjung dibikin penasaran kira-kira mochi buatan siapa yang paling kenyal dan lembut.

Simbol Perayaan Hari Perempuan

Bukan hanya tahun baru, mochi juga menjadi simbol perayaan hari perempuan di Jepang. Hanya saja bentuknya tidak bulat seperti kebanyakan mochi, melainkan berbentuk wajik. Mochi yang dimakan saat hari perempuan ini pun hadir dengan tiga lapis warna, yaitu merah, putih dan hijau.

Menariknya lagi mochi-mochi di Jepang ini ada banyak sekali bentuknya. Paling populer ada daifuku atau mochi dengan isian pasta kacang merah. Kemudian, ada ichigo daifuku yang berisi stroberi. Ada pula kusa mochi yang hadir dengan rasa mugwort atau yomogi. Serupa tapi berbeda, ada pula dango yang berbentuk mochi tapi dihadirkan dengan tusukan. Tidak kalah terkenal, ada sakura mochi yang warna dan rasanya diambil dari bunga sakura.

Kabar baiknya, semua varian mochi ini dihadirkan secara spesial oleh Toko Elmanna Bahan Kue Jogja di ManisdanSedap.com. Kue mochi tersebut hadir dengan beragam rasa, yaitu kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, cokelat dan vanilla.