by

Banyak KCD Disdik Jabar Masih Kontrak Kantor, H. Abdul Muiz Angkat Bicara

Bandung, Inionline.id – Kantor Cabang Dinas (KCD) IV Pendidikan Jawa barat yang belum memiliki kantor definitif membuat anggota Komisi V DPRD Jawa barat H. Abdul Muiz angkat bicara.

Pasalnya legislator daerah pemilihan kota-kabupaten Sukabumi ini mengaku dalam rapat-rapat Komisi V dirinya bersama yang lain telah mendorong Pemprov Jabar agar menjadikan pusat layanan pendidikan atau KCD agar segera memiliki kantor yang layak dan representatif untuk bisa melayani masyarakat lebih optimal.

“Beberapa KCD sebetulnya sudah punya kantor sendiri, tapi masih ada beberapa yang ngontrak, ada juga yang masih proses seperti mencari lahan, kami pernah fasilitasi mempertemukan Dinas Pendidikan dari unsur KCD dengan bagian aset di Pemprov Jabar dan sama-sama menjajaki aset-aset yang mungkin layak untuk di optimalkan fungsinya sebagai kantor KCD,” ujar H. Abdul Muiz, Kamis (28/10/2021).

Kemudian, menurutnya bahwa pekerjaan ini tentu saja melalui lintas komisi dimana Komisi V bersama Komisi I DPRD Jawa barat terus mendorong dan berkoordinasi dengan pihak aset daerah minimal ada lahan yang strategis milik Pemprov untuk mengurangi beban pembiayaan.

“Kalau mengandalkan pembelian lahan dan sebagainya itu sangat membebani dan Komisi V tidak menghendaki hal tersebut, toh ada aset-aset daerah yang masih bisa diberdayakan, kalaupun itu milik dinas lain kita komunikasikan untuk dimohonkan sebagai kantor KCD,” pungkas H. Abdul Muiz.

Dirinya mencontohkan bahwa Dinas Binamarga dan Dinas Pertanian Jawa barat diakui memiliki banyak lahan, berangkat dari hal tersebut ketika ada lahan-lahan yang terbengkalai maka lebih baik di optimalkan untuk kantor KCD.

“Harapannya dengan pola seperti itu terjadi efisiensi dan juga terkait hal-hal strategis untuk pelayanan kita bisa penuhi,” tutup H. Abdul Muiz.