Fitur Koneksi Satelit Pada iPhone 13 Digunakan untuk Keadaan Darurat

Iptek357 views

Inionline.id – Beberapa waktu lalu, Ming-Chi Kuo, analis Apple mengatakan iPhone 13 akan memiliki fitur berupa koneksi dengan satelit.

Dengan kemampuan ini, pengguna smartphone terbaru milik Apple tersebut dapat berkomunikasi meskipun tak ada jaringan seluler.

Namun, sebuah laporan terbaru Bloomberg menyebutkan fitur komunikasi satelit pada iPhone 13 tidak secanggih kedengarannya dan memiliki fungsi yang terbatas.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (5/9), sumber itu menyebutkan, fitur komunikasi satelit pada smartphone Apple tersebut hanya untuk penggunaan darurat.

Disebutkan, tujuan Apple memasukkan fitur ini adalah untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan darurat lewat satelit, apabila mereka berada di wilayah tanpa jangkauan seluler.

Khusus Pesan Teks

Mengutip CNET, Bloomberg awal pekan ini melaporkan fitur tersebut hanya akan bisa menggunakan sinyal untuk mengirim pesan teks ke layanan atau kontak darurat, serta melaporkan krisis.

Bloomberg memberikan julukan salah satu fitur tersebut adalah “Emergency Message via Satellite”, dan akan diintegrasikan ke dalam aplikasi iMessage sebagai protokol ketiga selain SMS dan iMessage.

“Fitur kedua akan menjadi alat untuk melaporkan keadaan darurat besar, seperti kecelakaan pesawat dan kapal tenggelam, juga menggunakan jaringan satelit,” jelas dia.

Fitur Belum Tersedia di Tahun Ini

Selain itu, meskipun iPhone yang akan datang mungkin dilengkapi untuk fitur tersebut, dilaporkan bahwa tautan satelit darurat mungkin belum akan tersedia hingga tahun depan.

Sumber yang tak diungkap itu juga menyebutkan bahwa fitur-fitur ini tidak bersifat publik, dan juga bisa diubah atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Bloomberg mencatat bahwa meski diluncurkan pun, fitur ini akan berbasiskan pesan teks via satelit dengan durasi yang lebih pendek. Meski begitu, artikel mereka tidak mengesampingkan apabila layanan ini memungkinkan untuk panggilan telepon.

Belum ada komentar resmi dari Apple terkait pemberitaan tersebut. Sejauh ini, iPhone 13 diperkirakan baru akan diperkenalkan pada bulan September tahun ini.