Ini 5 Tanda Diabetes yang Bisa Dikenali dari Mata

Kesehatan057 views

Inionline.id – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dialami banyak orang di dunia. sejumlah hal bisa menjadi penyebab dari terjadinya penyakit ini.

Diabetes bisa terjadi karena faktor keturunan serta gaya hidup yang dimiliki oleh seseorang. Oleh karena itu perlu mencegah terjadinya kondisi ini dengan melakukan berbagai macam hal.

Sejumlah gejala bisa ditunjukkan dari tubuh seseorang ketika mengalami diabetes. Gejala umum yang muncul adalah sering buangair kecil, menurunnya berat badan secara mendadak, rasa lapar, kesemutan dan mati rasa pada tangan atau kaki, kulit kering, infeksi, serta kelelahan kronis.

Sejumlah gejala juga bisa muncul pada mata seseorang ketika memiliki diabetes, berikut sejumlah gejala diabetes yang bisa tampak dari mata seseorang.

1. Pandangan Memburam

Memburamnya pandangan mata secara mendadak merupakan salah satu pertanda kamu mengalami diabetes. Bocornya cairan yang terjadi di mata akibat diabetes bisa menjadi penyebab memburamnya pandangan.

Lensa di mata menjadi bengkak dan berubah bentuk sebagai akibat dari bocornya cairan ini. Hal ini membuat mata kesulitan untuk fokus sehingga segala sesuatu tampak berkabut.

2. Kelelahan Mata Kronis

Bekerja dalam waktu lama memang bisa menjadi penyebab mata lelah, namum hal ini juga bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan lebih serius. Ketika kondisi ini tidak kunjung hilang setelah istirahat terutama dalam beberapa hari, hal ini bisa menjadi tanda adanya diabetes.

3. Mata Sensitif

Meningkatkan sensitivitas cahaya secara mendadak bisa jadi tanda berbagai masalah kesehatan seperti infeksi, abrasi kornea, meningitis, serta diabetes. Pada sejumlah kondisi, sensitivitas terhadap cahaya ini bisa menghilang setelah beberapa waktu, namun ketika hal ini tak kunjung menghilang, kamu perlu untuk segera periksa ke dokter.

4. Gangguan Pengelihatan

Titik hitam atau adanya bayangan terbang di dalam mata merupakan tanda terjadinya gangguan pengelihatan. Ketika kondisi ini muncul secara cukup parah disertai sakit kepala, hal ini bisa berarti tanda adanya masalah retina dan perlu cek apakah ada diabetes pada dirimu.

5. Sulit Fokus

Pandangan memburam yang disertai kesulitan untuk fokus ketika melihat bisa jadi masalah yang tidak boleh dikesampingkan. Hal ini bisa menjadi gejala pada mata terkait kondisi diabetes yang kamu alami.

Sejumlah gejala pada mata tersebut bisa dialami oleh seseorang ketika mengalami diabetes. Pastikan untuk tidak menyepelekan gejala tersebut dan segera konsultasi dengan dokter ketika mengalaminya.