5 Hal yang Bisa Menjadi Pertanda Kamu Memiliki Eating Disorder

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pola makan yang kamu lakukan bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara keseluruhan. Terganggunya pola makan ini akibat satu dan lain hal bisa sangat mempengaruhi berbagai hal lain.

Eating disorder merupakan salah satu masalah serius yang berhubungan dengan perilaku makan berlebih. Masalah ini dapat memiliki efek terhadap kesehatan, emosi, serta kemampuanmu untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada sebagian kasus, eating disorder ini berujung pada bertambahnya berat badan secara berlebihan. Pada kesehatan, kondisi tubuhmu bisa jadi sangat menurun.

Masalah eating disorder ini umumnya dialami oleh remaja dibanding pada orang usia lain. Beberapa hal seperti stres, sejarah keluarga, dan masalah kesehatan mental dapat menjadi faktor penyebab terjadinya eating disorder ini.

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pertanda terjadinya eating disorder pada seseorang, berikut lima hal yang bisa jadi pertanda jika kamu mengalami eating disorder.

1. Terlalu Fokus pada Asupan Kalori

Ketika kamu coba untuk menjaga badan tetap sehat dan seimbang, seringkali kamu terlalu memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuhmu. Namun siapa sangka bahwa obsesi berlebihan terhadap asupan kalori ini justru bisa membuatmu mengalami eating disorder.

2. Melakukan Diet Walau Berat Badan Ringan

Banyak orang merasa terlalu gemuk walau memiliki berat badan yang tergolong ringan. Ketika kamu memiliki berat badan yang masih tergolong ringan namun memaksa untuk diet, bisa jadi kamu tengah mengalami eating disorder.

3. Berat Badan Mudah Naik Turun

Menurun dan meningkatnya berat badan secara fluktuatif bisa menjadi pertanda adanya masalah dalam tubuhmu. Ketika perubahan drastis ini terjadi secara cepat, bisa jadi ini pertanda bahwa kamu mengalami eating disorder.

4. Depresi

Ketika kamu mengalami depresi, kamu bakal cenderung untuk makan berlebihan atau bahkan tidak mau makan. Kedua hal ini bisa jadi pertanda terjadinya eating disorder.

5. Memiliki Ritual ketika Makan

Ketika seseorang memiliki kebiasaan khusus atau ritual saat makan, hal ini juga bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa kamu tengah mengalami eating disorder.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kamu tengah mengalami eating disorder. Penting untuk segera mengatasi kondisi tersebut agar tidak berdampak buruk secara lebih jauh baik bagi mental maupun fisik.