Mueller Tak Risau Ketika Jerman Susah Payah ke 16 Besar Euro 2020

Inionline.id – Thomas Mueller tak risau Jerman terseok-seok di fase grup menjelang menghadapi Inggris di 16 besar. Ia menilai itu proses Die Maanschaft tampil lebih baik.

Inggris vs Jerman bakal tersaji di Wembley pada babak 16 besar Piala Eropa 2020, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Laga ini bisa disaksikan di Mola via detikcom di sini.

Tim Tiga Singa melaju 16 besar sebagai juara Grup D. Sementara, Jerman harus bersusah payah untuk ke fase gugur usai menjadi runner-up Grup F.

Jerman kalah 0-1 dari Prancis, menang 4-2 dari Portugal dan imbang 2-2 dari Hongaria di fase Grup. Pada laga terakhir grup menghadapi Hongaria, Jerman bahkan sempat terancam tersingkir usai tertinggal 1-2 hingga 7 menit terakhir laga.

Leon Goretzka kemudian menjadi penyelamat Jerman berkat golnya di menit ke-84. Pasukan Joachim Loew mengumpulkan empat poin. Mereka punya poin sama dengan Portugal di posisi ketiga dan terpaut satu angka dari Prancis di puncak klasemen Grup F.

Thomas Mueller tak terlalu risau dengan performa tak meyakinkan Jerman sepanjang fase grup jelang laga menghadapi Inggris. Ia menilai Nationalelf terus berkembang untuk menjadi lebih baik.

Mueller menilai untuk menjadi juara di ajang ini sebuah tim tak harus tampil baik di semua laga. Ia mencontohkan Portugal yang menjuarai Piala Eropa 2016 meski tak meraih satu pun kemenangan fase grup.

“Anda selalu berharap bahwa sebuah tim yang nantinya akan memenangkan turnamen tampil impresif dan mendominasi setiap pertandingan. Namun, itu tidak mungkin saat ini,” ujar Mueller dikutip dari situs DFB.

“Anda dapat melihatnya di grup lain, dan bahkan di turnamen sebelumnya Portugal baru memenangkan laga pertama di fase gugur.”

“Pertandingan melawan Hungaria berjalan tak sesuai perkiraan. Kebobolan dua gol melawan Hongaria yang sangat defensif bukanlah bagian dari rencana kami. Kami berhasil bangkit, bahkan setelah kami kebobolan usai menyamakan kedudukan. Kami terus menekan dan mendapatkan apa yang diinginkan.”

“Kami ingin menggunakan hal tersebut mengambil langkah di laga selanjutnya. Ini bagian dari proses. Tujuannya adalah untuk kemi terus bergerak maju,” jelasnya.