Mengenal Pantai Kelingking yang Dinobatkan Menjadi Pantai Paling Instagramable di Dunia

Inionline.id – Pulau dewata, Bali memang punya pesona yang sulit ditolak. Bukan cuma tradisinya yang memikat wisatawan, keindahan alam salah satu daerah wisata andalan Indonesia juga tak perlu diragukan lagi.

Bali punya sederet pantai cantik yang sudah kondang ke mancanegara. Salah satunya adalah Pantai Kelingking yang baru-baru ini dinobatkan sebagai paling populer di Instagram.

Pantai Paling Instagramable di Dunia

 

 

Pantai Kelingking terletak di kawasan Nusa Penida. Popularitasnya diakui oleh Money.co.uk. Situs tersebut menganalisis lebih dari 26 juta tagar Instagram dengan kata kunci Most Popular Beach in The World. Mereka juga menghitung unggahan-unggahan mengenai pantai tertentu.

Hasilnya, Pantai Kelingking memuncaki daftar. Sejumlah 338 ribu foto disertai tagar #PantaiKelingking membuktikan tenarnya objek wisata alam ini di antara turis domestik maupun mancanegara. Kelingking pun mendapat gelar Pantai Paling Instagramable 2021.

Sering Masuk Daftar Pantai Terindah di Dunia

 

 

Pantai Kelingking mulai naik daun sampai ke luar negeri dua tahun terakhir. Tempat itu masuk daftar pantai paling cantik di Asia versi CNN Travel dan menduduki peringkat sembilan.

Sementara itu, Tripadvisor menobatkannya sebagai pantai terbaik kedua di Asia. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai indah di seluruh dunia, pantai ini menduduki peringka 19.

Tebing Berbentuk Jari Kelingking atau T-Rex?

 

 

Pantai Kelingking berada di Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung. Dinamai demikian, karena di pantai tersebut ada sebentuk karang yang bentuknya menyerupai jari kelingking. Walaupun demikian, ada juga yang menyebut tebing Paluang di Pantai Kelingking menyerupai leher Tyrannosaurus atau T-Rex.

Itulah Tebing Paluang yang menjadi ciri khas Pantai Kelingking. Nama Paluang diberikan sesuai nama pura yang ada di dekat sana. Buat menyaksikan tebing ini dari titik terbaik, wisatawan perlu menyusuri anak tangga kayu yang cukup menguras energi.

Spot Diving bersama Puluhan Pari Manta

 

 

Pantai keliling tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang fotogenik. Salah satu atraksi yang wajib dijajal saat berkunjung ke sini adalah diving di Manta Point. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kelingking demi kesempatan untuk menyelam bersama puluhan ekor ikan pari manta sambil dikelilingi terumbu karang eksotis.

Bertetangga dengan Pantai-Pantai Tercantik Bali

 

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Kelingking berada di kawasan Nusa Penida yang termasuk dalam kawasan konservasi perairan The Global Coral Triangle punya WWF. Pantai-pantai yang tak kalah cantik di sekitarnya juga bisa dikunjungi sekalian. Misalnya Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, Broken Beach, dan Angel’s Billabong.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Pantai Kelingking? Tunggu sampai pandemi mereda dulu, ya. Masukin bucket list dulu.