by

Iwan Suryawan Minta Pemprov Jabar Berikan Masyarakat Kemudahan di Tiga Aplikasi Pendidikan

BANDUNG, Inionline.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadikan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 sebagai momentum untuk meluncurkan tiga inovasi di bidang pendidikan, yakni Aplikasi Sistem Informasi Lapor Penahanan Ijazah (Silapiz), Pekan Pengambilan Ijazah, dan Jabar Eksis (Ekspose Karya Siswa).

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum meluncurkan ketiga inovasi tersebut via konferensi video dari Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (2/5/2021). Dalam sambutannya, Pak Uu –sapaan Wagub Jabar– mengatakan bahwa inovasi tersebut merupakan upaya Jabar dalam mendukung Merdeka Belajar.

“Semoga inovasi ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Jabar,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Menanggapi launching aplikasi tersebut, khususnya Silapziz. Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Iwan Suryawan menyampaikan apresiasi atas diluncurkannya tiga aplikasi baru itu.

“Tiga aplikasi yang bisa memberikan kemudahan kepada siswa khususnya, pada permasalahan ijazah yang artinya saran dan masukan yang ada di lapangan ini direspon dengan memberikan layanan melalui tiga aplikasi baru tersebut,” ujar Iwan, Senin (03/05/2021).

Namun demikian, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini pun mengingatkan Pemprov Jabar terkait hal yang paling penting adalah bagaimana sistem yang sudah dibangun ini secara pemahaman mampu disampaikan hingga tingkat implementasi di lapangan.

“Ini harus diperkuat dengan aspek teknis di lapangan tentang layanan tersebut karena dengan dimudahkannya masyarakat mengakses aplikasi ini, harus sejalan dengan layanan yang nanti akan diberikan dipihak sekolah,” tukas Iwan.

Dirinya pun mendorong agar Pemprov Jabar mengkombinasikan agar sekolah menyediakan hot spot internet untuk memudahkan pihak terkait mengakses aplikasi tersebut.