Supono Nyatakan Kabupaten Bogor Timur Sudah Layak Sebagai Kabupaten Baru

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Komisi I DPRD Jawa Barat menyatakan bahwa Kabupaten Bogor Timur sudah siap secara administrasi jadi calon daerah persiapan otonom baru (cdob).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Jabar, Sadar Muslihat. Menurutnya, data yang ada menunjukan bahwa jumlah penduduk, luas wilayah, maupun jumlah pendapatan asli daerah baik induk maupun cdpob sudah sangat memenuhi syarat.

Ketua fraksi PAN DPRD Jawa Barat yang juga berasal dari daerah pemilihan Kabupaten Bogor, Supono, ikut memperkuat pernyataan komisi I DPRD Jabar terkait kelayakan Bogor Timur sebagai kabupaten baru di Bogor.

“Saya termasuk mendukung juga karena berdasarkan visibility dan dari data yang ada meliputi luas wilayah, jumlah penduduk, maupun syarat-syarat normatif lainnya, itu sudah memenuhi persyaratan,” ujar Supono, Kamis (15/04/2021).

Kemudian point kedua adalah Kabupaten Bogor Timur ini merupakan salah satu janji kampanye gubernur juga.

“Yang ketiga, kita memang perlu meningkatkan jumlah kabupaten-kota sedangkan kita di Jawa Barat itu dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur lebih banyak mereka, padahal jumlah penduduk kita jauh lebih besar,” kata Supono.

Lebih lanjut, kalau dirinya diberi kesempatan memberi masukan bagi lokasi ibukota Kabupaten Bogor Timur, berdasarkan aksesisbilitas serta infrastrukturnya sudah cukup baik dan mudah jatuh kepada Kecamatan Cileungsi.

“Tapi dari kajian, katanya di Jonggol, namum bagi saya mau di Jonggol atau Cileungsi tidak ada masalah, masing-masing ada plus minusnya pasti,” tutup Supono.