by

553 WNA di Sanur Turut Divaksinasi Covid

Denpasar, Inionline.id – Lebih dari 500 orang warga negara asing (WNA) di kawasan Sanur, Denpasar turut mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mereka divaksinasi bersamaan dengan warga dan pekerja Sanur dalam rancangan kawasan zona hijau Covid-19.

“Kalau WNA yang mendapatkan vaksin sekitar 553 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dihubungi, Senin (5/4/2021).

WNA yang mendapatkan vaksinasi di Bali itu syaratnya tidak rumit. Yakni, harus memiliki kartu izin tinggal terbatas sementara (KITAS). Bahkan, tidak sedikit WNA yang sudah tinggal di Bali lebih dari 10 tahun.

WNA tersebut bekerja di kawasan Sanur sebagai general manager hingga guru atau pengajar. Sebab, di kawasan Sanur juga terdapat sekolah internasional. Selain itu, ada sebagian WNA yang memiliki prosesi lain.

“Artinya yang sudah menetap, bukan WNA dalam artian yang melancong (atau) berwisata. Jadi, WNA yang divaksin Covid-19 itu yang memang menetap tinggal di Sanur,” kata dia.

Dewa Rai menuturkan vaksinasi Covid-19 buat WNA di Sanur tersebut sudah sesuai dengan prosedur dari pemerintah pusat. Sebab, seluruh masyarakat di kawasan hijau, baik penduduk maupun pekerja turut menjadi target sasaran vaksinasi.

Seperti diketahui, pemerintah mencanangkan tiga kawasan zona hijau Covid-19 di Bali, yakni Sanur di Kota Denpasar, Ubud di Kabupaten Gianyar, dan International Tourism Development Center (ITDC) di Kabupaten Badung. Vaksinasi di tiga zona hijau tersebut menyasar sebanyak 170.487 orang.

Di kawasan Ubud, vaksinasi dilakukan meliputi Kelurahan Ubud, Kedewatan, Sayan, dan Petulu total sebanyak 47.045 orang. Di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya, meliputi ITDC, Kelurahan Benoa, Tanjung Benoa, Jimbaran, dan Tuban total sebanyak 87.715 orang. Sementara di kawasan Sanur meliputi Desa Sanur, Sanur Kauh, serta Sanur Kaja total sebanyak 35.727 orang.