by

Bioskop di Surabaya Bakal Buka Kembali, Jika Perwali Soal RHU Direlaksasi

Surabaya, Inionline.id – Bioskop di Surabaya akan kembali dibuka jika perwali soal Rekreasi Hiburan Umum (RHU) direlaksasi. Bioskop akan kembali dibuka dengan protokol kesehatan ketat.

“Seperti contohnya bioskop, pengusaha bioskop kemarin sudah kita sosialisasikan,” ungkap Wakil Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto kepada wartawan di Kantor BPB Linmas Kota Surabaya, Sabtu (20/3/2021).

Irvan menambahkan secara prinsip, dalam penerapan protokol kesehatan untuk bioskop nantinya akan ada sejumlah aturan yang ketat. Salah satunya tidak boleh ada jualan makanan dan minuman di areal bioskop.

“Salah satu hal yang paling prinsip di dalam bioskop adalah tidak menyediakan makan dan minum. Jadi kita meminimalisir pembukaan masker dalam ruangan tertutup, itu poinnya,” ungkap Irvan.

Menurut Irvan, pengunjung atau penonton dipersilakan makan dan minum terlebih dahulu di luar. Ketika saat didalam saat menonton bioskop, maka tetap menggunakan masker. Selain itu, jumlah penonton juga akan dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas.

“Karena ini close space (ruang tertutup), tetap pengurangan kapasitas dan tetap dengan kursi yang berjarak, minimal satu meter,” ungkap Irvan.

Selain itu, pihaknya juga sempat menyampaikan dalam SOP relaksasi RHU tersebut, pengelola melakukan perubahan sirkulasi. Namun, ketika tidak memungkinkan bisa diganti dengan alat-alat yang telah direkomendasikan, seperti alat pembersih udara.

“Contohnya seperti air purifier, itu wajib dipasang di tempat-tempat tertutup,” ujar Irvan.

Selain itu, Irvan juga mengimbau pengelola memastikan karyawannya bebas dari COVID-19 dengan pemeriksaan secara berkala.

“Pemeriksaan dilakukan secara berkala dan real time,” tandas Irvan.

Sebelumnya, dalam Perwali Nomor 67 tahun 2020, bioskop merupakan salah satu aktivitas yang dilarang untuk dibuka selama pandemi COVID-19 di Surabaya.