Untuk Pengadaan Seragam Sekolah Gratis, Penajam Menggelontorkan Rp14 Miliar

Pendidikan157 views

Inionline.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memastikan peserta didik baru Tahun Ajaran 2021-2022 bakal mendapatkan seragam sekolah gratis. Ini merupakan bantuan dari pemerintah kabupaten setempat.

“Bantuan seragam sekolah untuk peserta didik baru pada 2021 tetap diadakan,” ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin ketika ditemui di Penajam, Rabu, 10 Februari 2021.

Peserta didik baru jenjang pendidikan usia dini, taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas sederajat, baik negeri maupun swasta, akan menerima seragam sekolah secara cuma-cuma. Pandemi covid-19 yang masih belum berakhir tidak menghalangi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengalokasikan sekitar Rp14 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 untuk pengadaan seragam sekolah tersebut. Sesuai kebijakan Bupati Penajam Paser Utara, menurut Alimuddin, paket bantuan pada 2021 sama dengan tahun sebelumnya meliputi seragam dan tas sekolah, serta sepatu.

Bantuan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru yang dimulai sejak Tahun Ajaran 2019-2020 tersebut, lanjut ia, masih menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Alimuddin juga berharap kegiatan vaksinasi massal covid-19 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara berjalan sukses sampai ke sekolah. Menurut dia, tidak ada yang bisa memastikan kapan pandemi mereda, makanya daya tahan tubuh harus lebih ditingkatkan.

“Sebagai pelayan publik apapun risikonya kegiatan harus tetap dilaksanakan, semoga dengan vaksinasi massal covid-19 semua bisa berjalan lancar,” tambah Alimuddin.

Ia meyakini, jika vaksinasi massal covid-19 berjalan sesuai harapan pemerintah, maka imunitas atau daya tahan tubuh masyarakat meningkat dan terhindar dari virus korona.