Supono: Komisi IV Mendorong Agar DAS Citarum diperbaiki

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon di Jawa Barat yang kembali didengungkan Ridwan Kamil, Rabu (13/01/2021) saat dirinya bersama Forkominda Jabar menebar 2,5 ton benih ikan di sektor 6 DAS Citarum mendapat tanggapan dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Supono.

Dirinya menegaskan bahwa Komisi IV DPRD Jawa Barat pun turut mendorong agar DAS sungai Citarum segera diperbaiki.

“Bukan hanya sinergi, kami termasuk mendorong untuk DASnya diperbaiki, dengan reboisasi, penanaman pohon, secara rumusnya begitu, cuma yang lebih penting lagi bahwa proses itu harus berkesinambungan,” tegas Supono.

Ketua fraksi PAN DPRD Jabar itu pun menambahkan bahwa, agar gerakan itu bukan hanya memakai anggaran sekedar untuk menanam pohon saja akan tetapi harus berkelanjutan dengan melibatkan seluruh stakeholder sungai.

“Artinya lingkungan dan masyarakat itu dilibatkan, kalau cuma menanam saja kemudian ditinggal nanti dimakan hewan tidak ada yang nungguin, karena itulah libatkan masyarakat dan unsur budaya setempat sehingga mereka juga merasa memiliki,” tutur Supono.

Lebih lanjut, Supono pun mengatakan agar mindset masyarakat harus dirubah. Pemikiran tentang sungai itu bukan tempat untuk membuang akan tetapi jadikanlah sungai sebagai halaman depan masyarakat.

“Filosofi itu penting, selama ini orang berpikir membuang sampah, kotoran, sehingga sungainya jadi tercemar apalagi ditambah industri-industri yang membuang limbah berbahaya, jika faktor-faktor itu tidak terselesaikan, maka berapapun biaya yang dikeluarkan masalah Citarum tidak akan selesai,” tutup Supono, Minggu (17/01/2021).