Apel Sumpah Pemuda, Ansor Kota Tangerang Ingatkan Bersatu Untuk Bangkit

Nasional257 views

TANGERANG -Ketua PC GP Ansor Kota Tangerang, Ahmad Sudarto mengingatkan pesan penting dibalik peringatan hari sumpah pemuda ke 92 ini. Menurut dia, sumpah pemuda yang diucapkan oleh perwakilan pemuda se Indonesia pada 28 Oktober 1928 tersebut merupakan penegasan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan dan menjaga bangsa ini tetap utuh.

“Sumpah pemuda menegaskan bahwa kita berbangsa satu, bertanah air satu, dan berbahasa satu yakni Indonesia. Sumpah ini semakin relevan untuk kita terapkan dalam kehidupan kita di masa kini,” ujarnya di sela Apel Peringatan Sumpah Pemuda yang diikuti kader Andor-Banser Kota Tangerang, di Tanjung Pasir, Rabu (28/10/2020).

Ketua PC GP Ansor Kota Tangerang, Ahmad Sudarto (Foto: Dokumen PC GP Ansor Kota Tangerang)

Oleh karena itu, Atho-sapaan karibnya, meminta agar kader Ansor-Banser Kota Tangerang dan umumnya pemuda Kota Tangerang agar mengambil hikmah atas sumpah pemuda yang disampaikan para pemuda di masa tersebut. Apalagi di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Persatuan dan kesatuan menjadi modal yang sangat besar agar bangsa ini bisa bangkit dari berbagai keterpurukan akibat pandemi. “Pemuda bersatu, pemuda bangkit. Tema peringatan sumpah pemuda kali ini punya semangat ke arah itu. Kita butuh bersatu untuk bangkit akibat pandemi,” kata dia.

Apel sumpah pemuda juga dilanjutkan dengan berbagai permainan yang syarat akan pesan pentingnya kerjasama, fokus terhadap tujuan, dan tidak mudah termakan informasj hoax. Sekjen PC GP Ansor Kota Tangerang, Muarifin mengatakan, dalam mencapai suatu tujuan kita butuh kebersamaan. “Tetapi tentu juga harus saling berbagi peran, dan jangan mudah termakan hoax,” tandasnya.

Apel sumpah pemuda yang digelar GP Ansor Kota Tangerang ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apel digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, jumlah peserta juga dibatasi, dan peserta diwajibkan memakai masker. Usai apel, kader Ansor-Banser Kota Tangerang juga diminta untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang pantai Tanjung Pasir.(*)