Puluhan Siswa Madrasah Diniyah di Lebak Belajar Tatap Muka

Pendidikan1057 views

Inionline.id – Puluhan siswa madrasah diniyah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Kegiatan belajar tatap muka menerapkan protokol kesehatan guna mencegah virus korona (covid-19).

“Kami sejak sebulan terakhir melaksanakan KBM bertatap muka dengan siswa,” kata Kepala Madrasah Diniyah Miftahul Islamiyah Desa Cilangkap, Lebak, Banten, melansir Antara, Kamis, 17 September 2020.

Peserta didik di madrasah ini sebanyak 80 orang dan mereka mengikuti pembelajaran mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Ia menegaskan pembelajaran tatap muka itu diperbolehkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak dengan syarat daerahnya masuk zona hijau covid-19. Pembukaan kelas tatap muka juga atas rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Sebulan terakhir, kata dia, peserta didik maupun tenaga guru di madrasah tersebut yang mengikuti proses KBM tatap muka tidak ditemukan adanya penularan covid-19. “Kami memberlakukan pengetatan mulai siswa memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan yang disediakan pihak madrasah,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembelajaran pendidikan madrasah diniyah itu menerapkan kurikulum Kemenag, antara lain bahasa Arab, aqidah, tauhid, akhlak, membaca Alquran, hadits, sorof dan sejarah Islam. Selama ini, kata dia, kemampuan peserta didik untuk meningkatkan pendidikan agama Islam cukup baik, termasuk pendidikan toleransi.

Pola metode pengajaran yang dikembangkan itu belajar sambil menyenangkan. Dengan begitu, kata dia, daya tangkap anak untuk menerima pelajaran sangat cepat dan terkosentrasi. “Semua anak-anak lulusan di sini mampu membaca Alquran dan Bahasa Arab,” kata Kamsudin.

Sementara itu, seorang guru Madrasah Diniyah Mabdail Fallah, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Yati, mengatakan dirinya melaksanakan KBM tatap muka sejak sebulan terakhir. Pelaksanaan KBM berjalan lancar dan tidak ada siswa maupun guru yang terpapar covid-19. Sejauh ini, wilayah tersebut juga masih masuk zona hijau covid-19.