Pengakuan Anggota DPRD Bandung Usai Disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Anggota DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac. Dia mendapat suntikan vaksin tersebut pada Jumat (11/9/2020) lalu.

Usai mendapat suntikan vaksin, dia mengaku tidak ada gejala aneh yang dirasakan. Namun di bagian tangan yang disuntik sempat mati rasa atau kebas untuk beberapa saat.

“Setelah disuntikan vaksin setiap relawan dilakukan observasi selama 30 menit dan selama 30 menit itu tidak merasa dampak apa-apa, hanya bagian disuntik yang cukup kebas untuk beberapa waktu dan juga badan terus berkeringat, tetapi secara umum baik-baik saja,” ucapnya, melalui pesan singkat, Minggu (13/9/2020).

Dia menyatakan, uji klinis akan dilakukan hingga enam bulan ke depan. Dia juga mengaku akan mendapat suntikan vaksin kedua sesuai dengan jadwal yang diberikan.

“Uji klinis ini dilakukan selama 6 bulan kedepan dan kami sudah diberikan jadwal kunjungan dalam rentang waktu tersebut, untuk menerima vaksin kedua, serta observasi dampak dari vaksin tersebut,” katanya.

Awang menyebut banyak pihak yang merasa khawatir terkait uji coba vaksin ini. Namun dia yakin uji vaksin ini akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Yang namanya pengujian, kemungkinan akibat efek samping dari vaksin itu mungkin ada, tapi saya percaya bahwa tentunya hal ini sudah melalui riset dan tahapan yang sedemikian rupa, sehingga dampaknya dapat diminimalisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bila ada efek samping dari vaksin tersebut dirinya tidak akan merasa menyesal karena itu merupakan konsekuensi menjadi relawan uji klinis.

“Akan tetapi apabila efek samping itu betul terjadi, saya tidak akan menyesal dan tetap dengan senang hati dapat ikut berkontribus terhadap upaya ditemukannya Vaksin COVID-19 ini,” ujarnya.