Sebelum Berkompetisi Lagi Pemain Liga Spanyol Butuh 5 Pekan Latihan

Inionline.id – Pelatih Sevilla Julen Lopetegui berharap digulirkannya kembali LaLiga tak dilakukan secara tiba-tiba. Menurutnya, tim butuh lima pekan untuk latihan lebih dulu.

Liga Spanyol tengah ditangguhkan karena pandemi virus corona. Klub-klub pun menghentikan aktivitasnya dan para pemain berlatih sambil menjalani karantina di rumah masing-masing.

Belakangan muncul wacana untuk kembali menjalankan kompetisi kendati belum dipastikan waktunya. Timbul pro-kontra terkait risiko kesehatan yang mungkin dihadapi jika liga dimainkan lagi.

Lopetegui menilai persiapan yang harus dilakukan klub akan butuh waktu yang tak sebentar jika kompetisi kembali bergulir. Menurutnya, klub butuh waktu lima pekan untuk menyiapkan fisik dan mental pemainnya setelah menghadapi situasi krisis.

“Yang bisa saya pastikan adalah ini tidak akan seperti pemain yang kembali setelah jeda musim panas. Baik performa maupun pikiran tidak akan sampai 20% dari yang seharusnya ketika pramusim normal,” ujar Lopeteugi seperti dilansir Sport.

“Saya kira ketika situasinya memungkinkan, dengan jaminan pemerintah, periode adaptasi akan diperlukan untuk menjaga sisi lain dari kesehatan, bukan cuma virusnya,” lanjut eks pelatih Real Madrid itu.

“Kita harus bicara soal waktu persiapan, tapi sebagai manajer, saya akan katakan kami butuh minimal lima pekan agar bisa ada dalam kondisi di mana kami bisa main setiap tiga hari dalam keadaan yang belum pernah dialami siapapun sebelumnya. Bukan cuma main tanpa penonton, tapi setelah semua yang ditimbulkan mimpi buruk ini. Kami harus ada dalam kondisi fisik terbaik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *