Jembatan Cibodas Ambrol, Akses Jalan Utama Antara Kampung Terputus di Desa Cibodas

Antar Daerah157 views

RUMPIN, Inionline.id – Berusia puluhan tahun jembatan yang dibangun di atas kali Cibodas Kp. Cibodas RT 02/01 Desa Cibodas Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, setelah ambrol terputus, Minggu 01/03/2020.

Kejadian tersebut sekitar pukul 11.00 Wib, menyebabkan terputusnya akses jalan utama, antar kampung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut keterangan salah satu warga Kurtubi (50) menuturkan, jembatan ini sudah berdiri sejak 30 tahunan lalu. Sebelumnya, jembatan ini sudah mengalami keretakan.

“Sekarang musim hujan, namun pas kejadian hujannya sudah berhenti, saat saya mendengar suara yang berasal dari jembatan dan saya melihat jembatannya sudah ambrol,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Desa Cibodas Mad Harun mengatakan jembatan ini adalah akses utama penghubung antara kampung. Menurutnya, jembatan ini sudah puluhan tahun, dan kondisinya sudah rapuh.

“Memang saat ini kondisinya musim hujan, kondisi jembatan yang pembangunannya sudah rapuh, sehingga terjadinya longsor dan menyebabkan jembatan ini ambrol,” imbuhnya.

Harun meminta jembatan yang ambrol ini bisa segara mendapatkan perhatian dari pemerintah Kabupaten Bogor, karena jalan ini bagian dari jalan pemda.

“Saya meminta Dinas PUPR dan Pemkab Bogor sebagai langkah antisepasi, segara membangun jembatan yang ambrul penghubung antar kampung ini,” harap Harun.

“Sementara warga, yang RW 01 memutar ke jalan alternatif, jalan perkampungan, sejauh dua kilo meter,” tandasnya kepala Desa Cibodas ini. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *