Dorong BSPS Di cibeteung Udik, Anton Suratto Bantu Korban Kebakaran

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.Id – Selalu ada kisah dibalik datangnya program pemerintah kepada masyarakat, salah satunya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) milik kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anggota Komisi VI DPR RI, Anton Sukartono Suratto berhasil mendorong program BSPS ke Desa Cibeteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, sebanyak 50 unit dari ajuan tahun 2019 dengan anggaran 17,5 juta rupiah per satu unit rumah.

Anton sendiri berkesempatan meresmikan dua unit rumah di desa tersebut pada selasa (24/12/19).

Rumah kedua yang diresmikan Anton memiliki kisah sedih dimana rumah tersebut adalah milik nenek Suwarni (70). Saat itu kondisi rumah suwarni sudah tidak layak, maka dari itu pemerintah desa Cibeteung Udik memasukan Suwarni sebagai salah satu penerima bantuan BSPS.

Malang tak dapat dihindarkan, satu minggu sebelum program BSPS diterima Suwarni, rumah tersebut habis dilalap si jago merah, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut tetapi rumah Suwarni hanya tinggal kenangan yang menyisakan sedikit puing-puing dari rumah yang telah terbakar.


Beruntung bagi Suwarni satu minggu kemudian program BSPS digulirkan di desanya sehingga dirinya mulai kembali membangun rumah yang telah habis terbakar tadi dibantu masyarakat, aparat desa dan Anton yang juga mendengar kabar tersebut.

“Saya terharu ya, bagaimana tidak, tadinya rumahnya habis terbakar dan tidak tau mesti tinggal dimana, dan alhamdulillah dengan program BSPS ini rumahnya bisa terbangun dan lebih bagus lagi,” ujar Anton.

Dirinya juga berharap agar program BSPS ini terus ada selanjutnya karena efeknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Desa Cibeteung Udik, Bambang Indra Gunawan menjelaskan bahwa tanpa kehadiran Anton selaku wakil rakyat masyarakat Kabupaten Bogor, sudah barang tentu akan sulit mengakses dan membawa program pemerintah pusat seperti BSPS ini.

“Maka dari itu saya menjelaskan kepada masyarakat bahwa kehadiran pak Anton ini sangat penting bagi kita dan saya berterima kasih kepada beliau karena telah membawa program BSPS ke desa saya,” kata Bambang. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *