Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jabar Ingatkan Pentingnya Ketahanan Keluarga Kepada Warga Bogor Selatan

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Iwan Suryawan selaku Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat menjadi pembicara utama pada acara seminar keluarga yang diselenggarakan oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) pada minggu (24/11). Berlokasi di kantor Kecamatan Bogor Selatan, sebanyak 65 orang hadir pada gelaran acara tersebut.

Sri Kusnaeni selaku Sekretaris bidang perempuan dan Ketahanan Keluarga RKI Pusat menyatakan bahwa acara seperti ini sangat penting karena maju dan berkualitasnya sebuah bangsa berangkat dari keluarga yang baik.

“Karena manusia itu gampang lupa, maka acara-acara seperti ini harus sering diadakan agar kualitas sebuah keluarga semakin baik, kalau bisa seluruh lembaga, organisasi, bisa mengadakan acara semacam ini,” ujar Sri.

Dirinya juga menilai urgensi yang terjadi di Bogor selatan terdapat tiga aspek yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Saya melihat dalam banyak hal ketika pendidikan di dalam suatu keluarga itu baik dan masuk dalam kategori formal maupun non-formal, sedikitnya akan menunjang ketahanan keluarga,” tutur Sri.

Dirinya pun berharap agar pemerintah Kota Bogor bisa mendorong tiga aspek yang menjadi masalah mendasar di Kecamatan Bogor selatan agar kualitas ketahanan keluarga di wilayah tersebut semakin meningkat ke arah yang lebih baik.

Acara talkshow pagi itu berjalan cukup menarik, selain pembawa acara yang sangat paham kondisi audiens, Iwan Suryawan pun membawakan materi yang disampaikan dengan gaya casual namun tidak mengurangi esensi materi talkshow.

Pada sesi tanya jawab pun terkuak banyak problematika yang terjadi di dalam keluarga yang hadir pada kegiatan tersebut dari mulai masalah ekonomi, hubungan jarak jauh, sampai kepada fenomena penyuka sesama jenis di lingkungan pesantren.

Berdasarkan pengalamannya selama ini, Iwan mencoba menyampaikan jawabannya se-efisien dan se-efektif mungkin sehingga audiens dengan mudah menerimanya.

“Hari ini saya bersama RKI Kota Bogor melakukan penguatan keluarga pembekalan kepada pasangan suami istri bahwa hal paling penting dalam berkeluarga adalah menguatkan komitmen dalam berkeluarga, tujuan keluarganya mau kemana serta membangun harmonisasi antara ibu, ayah, dan anak,” kata Iwan.

Anggota fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa barat ini juga mengomentari fenomena penyuka sesama jenis di pesantren wilayah Bogor dengan sangat serius, pasalnya hal tersebut memiliki korelasi dengan Index Pembangunan Pemuda (IPP) di Jawa barat yang sangat rendah.

“Intinya adalah bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada seluruh lembaga yang mengelola sumber daya manusia di dalamnya tentang resiko dan bahaya ketika seorang manusia suka terhadap sesama jenis kelaminnya,” tegas Iwan.

Dirinya juga mengingatkan bahaya perkembangan tekhnologi ketika manusia menggunakannya secara tidak bijak maka akibatnya akan fatal untuk semua lini.

“Ini yang akan saya komunikasikan dengan para stakeholder yang kompeten di bidangnya,” tutur Iwan.

Achmad Aulia Racman selaku peserta talkshow yang berasal dari Kabandungan, Bogor selatan menyakatakan acara seperti ini sangat positif khususnya bagi para pasangan suami istri yang sudah menjadi orang tua.

“Karena tantangan keluarga semakin berat, maka acara seperti ini sangat membantu dengan banyaknya pengalaman-pengalaman yang diceritakan kembali sehingga bisa diambil hikmahnya,” ujar Achmad.

Dirinya juga berharap agar Iwan Suryawan selaku anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa barat mampu mendorong kebijakan kesehatan khususnya untuk masyarakat Bogor selatan. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *