TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN DI ERA DIGITAL

Pendidikan457 views

Inionline.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten pada tanggal 16 sd 21 September 2019, menggelar Hari Kunjung Perpustakaan 2019. Hal ini perlu diapresiasi, karena sudah merespon perkembangan teknologi digital terkait Perpustakaan.

Kegiatan diisi dengan berbagai rangkaian aktivitas antara lain : bazar buku murah, bedah buku, lomba mewarnai, dongeng, bedah film, dll.

Salah satu kegiatan yang cukup menarik adalah talkshow perpustakaan yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal (19-9-19), dengan tema mencintai perpustakaan untuk meraih sukses dengan pembicara terdiri dari Gun Gun Siswadi mantan Staf Ahli Menteri Kominfo, yang saat ini sebagai akademisi Fakultas Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta sekaligus sebagai Pegiat Literasi Digital dan Jaro Ruhendi, Kepala Desa Warung Banten yang mengelola perpustakaan Desa Terbaik Nasional. Peserta terdiri dari pustakawan, pegiat literasi, mahasiswa, pelajar dan peserta umum lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Siswadi menyampaikan telah terjadi trasformasi digital di berbagai sektor kehidupan, termasuk di bidang pepustakaan. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang sdh mencapai 171,17 juta jiwa (data APJI). Oleh karena itu dengan kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia akan berpotensi terhadap peningkatan jumlah perpustakaan digital.

Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan perpustakaan digital di Indonesia. Respon peserta terhadap paparan pembicara sangat positif, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari peserta dan dijawab oleh pembicara dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *