Jokowi akan Gabung Kementerian di Pemerintahan Baru

Headline, Politik557 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal untuk mengubah nomenklatur kementerian dan lembaga dalam pemerintahan periode 2019-2024. Ia mengaku akan menggabung kementerian-kementerian tertentu dan menambah kementerian baru yang dianggap memiliki peran penting.

“Ada (perubahan nomenklatur). Ada yang digabung, ada yang baru,” ujar Jokowi usai menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-58 di Cibubur.

Penjelasan Jokowi tersebut melanjutkan pernyataannya dalam acara santap siang dirinya bersama para pimpinan media massa sebelumnya. Kementerian lama (bukan nomenklatur baru) disebutkan Jokowi akan dipimpin oleh sejumlah menteri berusia muda.

Kementerian baru yang digadang-gadang akan dibentuk adalah kementerian yang mengelola investasi. Hal itu dinilai diperlukan karena menurut Jokowi, problem neraca perdagangan yang selalu defisit itu disebabkan oleh dua faktor, yakni investasi dan ekspor.

Oleh karena itu, selain bidang investasi, pihaknya pun berniat untuk menata kembali kewenangan pengelolaan ekspor dalam kabinet. Dia menyatakan bahwa soal ekspor bisa saja ditangani oleh kementerian yang berbeda dari sekarang.

Jokowi juga membocorkan bahwa gerbong kabinetnya nanti akan diisi 55 persen menteri berlatar profesional dan 45 persen lain dari partai politik. Artinya, lebih dari separuh komposisi kabinet disusun profesional.

Penekanan yang disampaikan Jokowi bahwa penyusunan kabinet merupakan wewenang penuh miliknya, melontarkan sinyal bahwa partai politik anggota koalisi harus menerima keputusan tersebut. Saat ditanya kembali tentang suara koalisi, Jokowi memilih untuk tidak menjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *