Disdukcapil Kota Bogor Siap Sukseskan Mall Pelayanan Publik

Bogor, Inionline.Id – Kota Bogor akan segera memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) yang rencananya akan di resmikan bulan Agustus 2019. Di dalam MPP Kota Bogor salah satu dinas yang akan hadir adalah Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Sujatmiko Baliarto selaku Kepala Disdukcapil kota Bogor menyampaikan bahwa MPP Kota Bogor akan menjadi wajah dari pelayanan pemerintah Kota Bogor kepada masyarakat serta miniatur pelayanan terbaik semua dinas yang melayani masyarakat Kota Bogor. “Khusus Disdukcapil Kota Bogor, kami akan memberikan pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil seperti KTP, KK, dan seluruh Akta-Akta baik itu Akta Kelahiran ataupun Akta Kematian di sana,” ujar Jatmiko saat ditemui di Kantornya, jalan Pandu Raya, Kota Bogor, pada kamis (18/07).
Dirinya menambahkan bahwa Disdukcapil Kota Bogor telah mendesain sistem internalnya lebih baik agar pelayanan di MPP bisa lebih prima, cepat, efektif, dan betul-betul melayani masyarakat. “karena keterbatasan ruang disana maka untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat, maka kami akan membuat sistem bergilir untuk 6 Kecamatan di Kota Bogor,” ujar Jatmiko. Selain itu untuk jam pelayanan Disdukcapil di MPP juga masih menunggu kesepakatan semua dinas agar membuat seluruh pihak lebih nyaman. “Nantikan ada komitmen dengan dinas-dinas yang lain jam berapa saja pelayanan bisa dilakukan, saya kira kita paketkan ya,” pungkas Jatmiko.
Masalah yang masih di hadapi Disdukcapil Kota Bogor saat ini adalag keterbatasan blangko KTP-EL yang setiap minggu hanya dijatah 500 keping dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. “untuk DKI Jakarta per-minggu itu 1000 keping, di luar DKI Jakarta seperti Kota Bogor itu per-minggu hanya 500 keping,” ujar Jatmiko. Akhirnya Jatmiko pun mengakui bahwa jelang launching MPP Kota Bogor, Dinasnya masih terus berbenah baik dari sisi SDM, sistem, dan lain sebagainya. “Mudah-mudahan dengan MPP ini adalah potret masa depan dari Disdukcapil Kota Bogor yang lebih baik lagi dan dinas-dinas lainnya,” ujar Jatmiko.(JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *