BRI Kembangkan UMKM Lewat BRIncubator

Ekonomi157 views

Inionline.id – Upaya memodernisir usaha kecil menengah terus dilakukan pemerintah. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menggelar program BRIncubator 2019. Program ini bertujuan untuk memodernisasi  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

UMKM akan dimonitor perkembangannya selama program inkubasi ini berlangsung. BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital. Rangkaian program ini terdiri memiliki misi 4G, Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global.

BRI juga menggandeng Genpro untuk menjalankan program ini. “Genpro mitra BRI yang ditunjuk untuk menjalankan program Incubator Bisnis UMKM dengan bentuk Pelatihan, Mentoring, Coaching,” ujar Syarif, salah satu perwakilan Genpro, beberapa waktu lalu.

Melalui misi menjadi teman bertumbuh bagi pengusaha UMKM di Indonesia, beberapa upaya telah dilakukan melalui program ini.  Salah satunya, terus mendorong UMKM agar dapat menghasilkan produk yang siap ekspor, sehingga UMKM tersebut bisa melebarkan sayapnya ke mancanegara.

“BRI berharap dengan program inkubasi, pelaku UMKM Indonesia dapat siap bersaing di kancah global pada era digital. Dengan pendampingan ini, sampai akhir tahun para pelaku UMKM diharapkan sudah bisa melakukan ekspor,” kata Bambang Tribaroto, Corporate Secretary BRI.

Hingga Juni 2019, BRI telah menyelenggarakan sebanyak 2.998 pelatihan kepada 314.128 UMKM binaan. Jumlah tersebut diharapkan meningkat. Selain itu, UMKM yang telah terlibat pun kedepannya akan lebih produktif, melek teknologi dan mampu bersaing secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *