Jerman Unggul 3-2 Melawan Belanda Di Kualifikasi Piala Eropa

Inionline.id – Laga seru terjadi saat Timnas Jerman menghadapi Belanda di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020. Die Mannschaft menang dengan skor 3-2.

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (25/3/2019) dini hari WIB, Jerman tampil menekan sejak awal. Dua kali peluang ditebar anak asuh Joachim Loew di awal laga, lewat Serge Gnaby dan Nico Schulz, namun masih belum membuahkan hasi.

Belanda sendiri baru ancaman di menit ke-12. Memphis Depay dari sisi kanan luar kotak penalti melepaskan tendangan keras, namun bolanya masih melayang jauh dari gawang Jerman.

Jerman berhasil unggul pada menit ke-15. Dari sisi kiri, Nico Schulz melepaskan umpan tarik yang bisa diterima Leroy Sane. Tanpa kesulitan, pemain Manchester City itu melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri yang membuat bolanya masuk ke gawang Belanda, tanpa bisa dihalau kiper Jasper Cillessen.

Di menit ke-25, peluang emas didapat Belanda lewat Ryan Babel. Menerima bola sodoran Quincy Promes ke kotak penalti, Babel yang dalam posisi bebas melepaskan tendangan keras ke gawang Jerman. Manuel Neuer melakukan penyelamatan gemilang menghalau tembakan itu. Upaya Babel cuma berujung tendangan sudut.

Dua menit berselang, Neuer kembali menggagalkan peluang emas Babel. Berawal dari umpan Promes lagi, Babel, yang berada di mulut gawang, mampu menyontek bolanya tapi bisa dihalau Neuer dengan refleknya yang luar biasa.

Keunggulan Jerman bertambah pada menit ke-34. Serge Gnabry mendapat umpan lambung Antonio Ruediger, dan melakukan sedikit tusukan ke dalam kotak. Meski dijaga Virgil van Dijk, Gnabry melepaskan tendangan melengkung yang gagal diantisipasi Cillessen. Jerman memimpin 2-0 atas Belanda, yang bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Belanda langsung memperkecil kedudukan tiga menit selepas turun minum. Bek Matthis de Ligt membuat skor menjadi 1-2. Memanfaatkan crossing Depay, tandukan De Ligt tak mampu diamankan Neuer.

Belanda bersemangat usai mampu mencetak gol. Tekanan demi tekanan, sampai akhirnya Depay menyamakan skor pada menit ke-62.

Di kotak penalti Jerman, usai terjadi sedikit kemelut, Depay bekerja sama dengan Giorginio Wijnaldum sebelum melepaskan tendangan kaki kanan, yang mengirim bola bersarang ke pojok bawah kiri gawang Jerman tanpa bisa diamankan Neuer. Skor menjadi 2-2.

Usai skor imbang, Belanda berkali-kali menekan Jerman. Tercatat Promes dan Depay sempat menebar ancaman lagi ke gawang Neuer, namun upayanya belum membuahkan gol ketiga Belanda.

Jerman juga tak tinggal diam. Tercatat, Toni Kroos sempat mengancam pada menit ke-82, sementara Gnabry membuat peluang di menit ke-84. Keduanya masih belum membuahkan hasil. Di menit ke-88, Jerman pun memasukkan Marco Reus menggantikan Gnabry.

Masuknya Reus berdampak pada permainan Jerman. Dua menit berselang, penyerang Borussia Dortmund itu mengkreasi gol kemenangan Jerman. Dari sisi kiri, ia melepaskan umpan tarik ke tengah, yang bisa diselesaikan dengan apik oleh Schulz. Jerman pun menutup laga dengan kemenangan 3-2 atas Belanda.

Hasil ini membuat Jerman meraih tiga poin perdananya di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020, dan menempati posisi tiga. Adapun Belanda, yang di laga sebelumnya menang 4-0 atas Belarusia, menelan kekalahan pertamanya dan tertahan di peringkat dua dengan tiga poin, masih unggul gol dari Jerman.

Grup C sendiri kini dipuncaki Irlandia Utara, yang di saat bersamaan menang 2-1 atas Belarusia. Irlandia Utara mengoleksi 6 poin dari dua laga, usai di laga sebelumnya menang 2-0 atas Estonia.

Susunan Pemain

Timnas Belanda: Cillessen, Blind, Van Dijk, De Ligt, Dumfries, De Jong, Wijnaldum, De Roon (Luuk de Jong 90′), Babel (Bergwijn 46′), Promes, Depay.

Timnas Jerman: Neuer, Ginter, Sule, Ruediger, Schulz, Kroos, Kimmich, Kehrer, Sane, Gnabry (Reus 88′), Goretzka (Guendogan 70′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *