Is Budi Widuri Pastikan Penghapusan Pajak Motor Untuk Kesejahteraan Rakyat

Headline, Politik157 views

Bogor, Inionline.Id – Sekretaris komisi III DPRD provinsi Jawa Barat, Is Budi Widuri angkat bicara terkait program yang digaungkan partainya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai penghapusan pajak motor cc kecil. Menurut Is Budi program tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena uang pajak tersebut oleh masyarakat bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. “Awalnya ide program ini dari DPP PKS, lalu fraksi saya di DPRD provinsi Jawa Barat memperkuat kajian program tersebut hingga dinyatakan layak diberlakukan secara nasional,” ujar Is Budi saat dihubungi Inionline.Id via telepon pada senin (11/02).
Is Budi mengambil contoh kejadian ketika dirinya kunjungan ke Kabupaten Bogor di daerah pemilihan V yaitu Cigudeg, Tenjo, Parung Panjang. Daerah tersebut kondisi masyarakatnya banyak mengeluh terkait ketidakstabilan harga-harga sembako, pendapatan masyarakat juga minim dan tidak menentu, dan banyak juga masyarakat tersebut hanya memiliki motor yang cc-nya kecil. Berawal dari hal tersebut PKS hendak meringankan beban masyarakat dengan meluncurkan program penghapusan pajak kendaraan bermotor cc kecil.
Data kajian dari fraksi PKS di Pemprov Jabar sendiri menghasilkan angka sebesar 5% yang menjadi beban negara dari hasil pajak motor baik dari wajib pajak yang rutin membayar pajak maupun masyarakat yang masuk kategori Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU). Is Budi juga menegaskan bahwa program penghapusan pajak kendaraan motor cc kecil tersebut tidak akan menambah beban negara karena salah satu pengganti pendapatan provinsi bisa didapat dari program hibah yang banyak jenisnya. “Hibah ke daerah itu jumlahnya milyaran, kita ambil 5% nya saja itu sudah bisa menutupi jumlah pajak motor cc kecil dengan sampelnya wilayah Jawa Barat,” ujar Is Budi. Data lain juga menjabarkan bahwa dari 100% rincian pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat 70% nya itu terbesar dari kendaraan roda empat, dan 30% nya berasal dari kendaraan roda dua. “30% itupun belum dipilah lagi karena ada motor cc besar yang pajaknya besar didalam angka 30% tersebut,” kata Is Budi.
Selain itu Is Budi juga berharap agar dengan di sahkannya nanti penghapusan pajak kendaraan motor akan lebih mensejahterakan masyarakat dimana pertahunnya motor cc kecil kena pajak 300 sampai dengan 400 ribu rupiah, jumlah uang tersebut bisa saja dialihkan untuk kebutuhan lain bagi masyarakat seperti untuk sekolah anak ataupun tabungan keluarga. “Saya concern mengkampanyekan program ini salah satunya melalui program flashmob PKS setiap 2 minggu sekali, kami turun kejalan dan mensosialisasikan 3 program untuk masyarakat yang kedepannya bisa bermanfaat,” ujar Is Budi. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *