Goa Hawang Yang Tersembunyi Di Pulau Kei Kecil Ibu Kota Maluku Tenggara

Inionline.id – Goa Hawang di Maluku merupakan salah satu destinasi wisata mengagumkan yang terletak di Pulau Kei Kecil tepatnya di Desa Letvuan sekitar 15 km dari Tual, Ibukota Maluku Tenggara.

Gua ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi tapi memiliki mitos menarik di belakangnya yang akan membuat perjalanan kamu semakin menarik.

Kendati lokasinya terpencil, siapapun yang mengunjungi Goa Hawang di Maluku ini dijamin akan tersihir oleh kecantikan alamnya.

Kenapa namanya Goa Hawang? Karena, Hawang kalau diartikan ke Bahasa Indonesia berarti arwah. Sebagian besar warga Kepulauan Kei, Maluku percaya jika Goa Hawang didiami oleh banyak hantu.

Kendati lokasinya terpencil, siapapun yang mengunjungi Goa Hawang di Maluku ini dijamin akan tersihir oleh kecantikan alamnya.

Sebelum kamu menceburkan diri ke dalam kolam segar di Goa Hawang, ada baiknya kamu menyimak dulu kisah unik di balik tempat ini.

Katanya, di dalam Goa Hawang terdapat batu yang melambangkan seorang pemburu pria yang memegang tombak dan dua ekor anjing.

Menurut cerita yang beredar, pria tersebut pergi berburu babi hutan bersama kedua ekor anjing. Babi hutan yang diincar mendadak hilang saat memasuki gua.

Lelah mengejar babi hutan, pria tersebut sempat minum air gua yang ternyata sangat pahit.

Ia pun marah dan kecewa lalu bersumpah serapah di dalam gua ini, sehingga ia dan kedua anjingnya dikutuk menjadi batu.

Tidak ada yang tau pasti kapan goa ini di temukan, yang jelas menurut penduduk setempat goa ini ditemukan oleh para tetua di Kepulauan Kei sudah sejak lama.

Goa ini sebenarnya terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei.

Awalnya, Goa Hawang sempat dianggap angker oleh warga setempat. Tapi, seiring berjalannya waktu dan kepercayaan yang terbentuk, goa ini kini justru dianggap sebagai tempat suci yang dipakai untuk bertapa atau bersemedi.

Bahkan, para ibu meyakini kalo perempuan yang mendambakan buah hati harus masuk ke dalam goa agar bisa memiliki anak.

Tidah hanya itu, air alami yang cantik dan jernih di Goa Hawang juga dipercaya bisa membuat awet muda dan enteng jodoh.

Tidak heran, banyak orang mendatangi gua ini dengan berbagai tujuan dan keyakinan.

Saat laut pasang, air di gua ini bisa naik hingga ketinggian 3 meter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *