Demi Target 1 Juta Rumah, Kementrian PUPR Luncurkan Program Berbasis Komunitas

Ekonomi157 views

Jakarta, Inionline.Id – Target Program Satu Juta Rumah (PSR) tahun ini dinaikkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi 1,25 juta unit. Pada tahun 2018, target 1 juta rumah sudah tercapai. Bahkan Kementerian PUPR mengklaim berhasil melampaui target tersebut hingga 1.132.621 rumah. Karena itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid merencanakan agar upaya yang dilakukan lebih keras. Apalagi seperti diakuinya, untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah.
Salah satu cara untuk meraih target 1,25 juta rumah tahun ini, Kementerian PUPR mengembangkan program perumahan berbasis komunitas. Salah satu proyek perdananya adalah Perumahan Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG) di Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut yang telah dimulai pembangunannya pada 19 Januari 2018.
Perumahan berbasis komunitas mendapatkan subsidi KPR Fasilitas Likuiditas Penyediaan Perumahan (KPR FLPP) yang dikelola oleh PPDPP dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) di Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR. “Regulasinya tengah kita siapkan agar bisa dikembangkan lebih luas. Seperti sudah dibangun untuk Komunitas Tukang Cukur, kita akan perluas seperti komunitas wartawan, komunitas tukang sampah, pekerja, guru honor yang semuanya di koordinasikan bersama,” pungkas Khalawi.
Adapun target untuk 2019 dinaikkan setelah menurut laporan, pada 2018 realisasi rumah PUPR berhasil mencapai target, bahkan hingga menembus angka 1.132.621 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *