Menikmati Sejuknya Air di Puncak Purwakarta

Inionline.Id – Purwakarta bisa menjadi kota alternatif liburan untuk keluarga. Udara sejuk, pemandangan indah, dan masyarakat ramah merupakan ciri khas dari kota ini. Letaknya pun tak jauh dari ibukota.

Sebenarnya, Purwakarta mempunyai ikon pariwisata yaitu Air Mancur Sri Baduga. Air mancur terbesar se-Asia Tenggara, dengan luas kurang lebih tiga hektar.

Tetapi ada tempat wisata lain yang cukup populer yaitu: Giri Tirta Kahuripan. Destinasi wisata Purwakarta digolongkan menjadi tiga, yaitu destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah, destinasi wisata yang dikelola oleh swasta, dan destinasi wisata gabungan antara BUMN dengan masyarakat. Salah satu contoh destinasi wisata di Purwakarta yang dikelola oleh swasta adalah Resor Giri Tirta Kahuripan.

Giri Tirta Kahuripan berasal dari Bahasa Sunda. Giri artinya jati diri, tirta artinya air, kahuripan artinya tempat. Jadi, Giri Tirta Kahuripan bisa dikatakan suatu tempat yang ada airnya.

Resor Giri Tirta Kahuripan adalah Agro Wisata yang berlokasi di Jalan Raya Wanayasa, Desa Taringgul Tonggoh, RT 04/RW 13, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, merupakan lingkungan yang asri dan alami yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian pusat kota.

Giri Tirta Kahuripan memiliki dua jenis wisata yaitu kolam renang sebagai wisata andalan, dan agro wisata. Kolam renang yang dinamakan Sky Pool , dirancang khusus di ketinggian sehingga pengunjung merasakan berenang seolah-olah di atas bukit diantara awan yang melintas sambil menikmati pemandangan indah.

Untuk agro wisata yaitu pengunjung diantar dengan mobil untuk menjelajahi area resor dan melihat kebun buah dan aneka satwa seperti burung kakak tua, merak, rusa timor, ikan arapaima (ikan besar dari sungai Amazon), buaya muara, siamang, monyet, dan lain-lain. Selain itu, pengunjung dapat menikmati kegiatan outbond , ATV, flying fox, kolam pancing, kolam ikan hias, kolam angsa, taman anggrek, green house , lapangan futsal, dan camping ground .

Untuk memasuki wisata ini, Anda akan ditawarkan dua pilihan tiket, yaitu tiket utama agro wisata seharga Rp 25.000 per orang, atau tiket agro wisata dan kolam renang (paket) seharga Rp 85.000 per orang. Pembelian tiket mulai pukul 08:00-17:00, wisata ini tutup pukul 18:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *