Menikmati Pesona Niagara Mini di Curug Awang Sukabumi

Sukabumi, Inionline.Id – Sukabumi merupakan kota yang memiliki banyak wisata alam. Mulai dari gunung hingga curug atau air terjun. Salah satu yang menarik karena memiliki kemiripan dengan air terjun Niagara yaitu Curug Awang.

Curug Awang secara administrasi masuk dalam kawasan Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ini punya tinggi pancur mencapai 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter, dengan sumber airnya yang berasal dari Sungai Ciletuh.

Curug ini juga merupakan bagian dari Geopark Ciletuh yang statusnya kini diangkat menjadi Unesco Global Geopark, Ciletuh-Pelabuhan Ratu, yang membuat kawasan ini menjadi hots di kalangan traveler dalam negeri ataupun luar negeri.

Curug Awang merupakan air terjun yang bentuknya melebar dan tidak berundak. Air terjun ini mengalir dari Sungai Ciletuh yang membatasi wilayah Kecamatan Ciemas dengan Kecamatan Ciracap. Selain itu, juga merupakan batas antara Desa Taman Jaya dengan Desa Cibenda, dan pembatas antara Desa Mekar Sakti dan Desa Mandra Jaya.

Curug Awang menjadi air terjun pertama dari deretan tiga air terjun yang ada di Sungai Ciletuh. Air terjun ini akan tampak lebih menawan dilihat dari kejauhan saat musim penghujan tiba. Di samping faktor limpahan air, formasi bebatuannya juga menjadikan air terjun ini tampak menawan.

Pada musim kemarau, saat curah hujan kurang, Curug Awang memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Tiket masuk Curug Awang hanya Rp. 3.000 per orang. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjunh dikenakan biaya parkir motor Rp. 3.000, dan mobil Rp. 5.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *