Mengatasi Sembelit Dengan Cara Alami

Kesehatan157 views

Inionline.Id – Konstipasi atau sembelit adalah masalah kesehatan sistem pencernaan yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kerja usus sehingga menyebabkan sembelit, dari komplikasi suatu penyakit, sampai kondisi mental seperti saat sedang stress.

Sembelit yang bukan dipicu oleh kondisi penyakit yang serius dapat dengan mudah diatasi dengan menerapkan gaya hidup dan tidak selalu memerlukan obat-obatan.

Bagaimana cara mengatasi sembelit yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba cara-cara alami terlebih dahulu. Berikut ini beberapa di antaranya.

Konsumsi makanan dan serat probiotik
Konsumsi lebih banyak serat, terutama serat prebiotik yang tidak mudah dicerna. Serat prebiotik akan disimpan di dalam usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan di dalam usus.

Serat prebiotik bisa ditemukan di dalam pisang, bawang merah, bawang putih, kulit apel, dan kacang -kacangan.

Dilansir Prebiotin.com, makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) seperti yogurt, sauerkraut, tapai, dan kimchi bisa membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.

Selain itu, makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt juga bisa mengatasi konstipasi dengan memproduksi lactic acid dan asam lemak yang mampu merangsang pergerakan usus.

Aktivitas fisik
Beraktivitas fisik membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dengan menjaga usus tetap aktif bergerak. Suatu hasil penelitian menunjukkan, aktif beraktivitas fisik dapat mengurangi dampak sembelit meskipun tidak meningkatkan frekuensi buang air.

Hal ini tidak harus dilakukan dengan intensitas yang tinggi, aktif bergerak seperti berjalan kaki secara rutin dapat membantu atasi sembelit.

Minum kopi
agi sebagian orang, konsumsi kopi dapat memicu pergerakan otot usus seperti saat mengonsumsi makanan. Kandungan kafein pada kopi juga membantu usus agar tetap aktif lebih baik dari air minum. Kopi juga mengandung serat dalam jumlah yang sedikit namun dapat membantu keseimbangan bakteri usus.

Konsumsi lebih banyak air
Selain kadar air yang terlalu sedikit pada makanan, tubuh yang kekurangan cairan atau kondisi dehidrasi akan menyerap air lebih banyak dari makanan.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya konsumsilah air hingga memenuhi kebutuhan harian Anda atau sekitar dua liter per hari. Konsumsi air berkarbon atau air soda juga efektif mencegah dehidrasi, namun hindari minuman soft drink karena dapat memperburuk kondisi sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *