Manfaat Dari Rutin Minum Air Putih Hangat

Kesehatan157 views

Inionline.Id – Minum air putih sudah tentu baik untuk kesehatan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih juga penting untuk menetralisasi segala racun yang ada di dalam tubuh. Penelitian bahkan menyebut bahwa manfaat tersebut bisa meningkat berlipat ganda jika air putih yang Anda minum memiliki suhu hangat.

Tidak dimungkiri, air putih hangat atau dingin memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kendati begitu, air putih hangat disinyalir lebih unggul daripada air putih dingin.

Air putih hangat juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan lainnya, yaitu:

Menenangkan saraf tubuh

Air putih hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat di tubuh Anda. Manfaat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita penyakit radang sendi. Sebab, fungsi air putih hangat dalam menenangkan saraf bisa mengusir rasa pegal dan membuat tubuh Anda lebih segar.

“Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya bisa memberikan sensasi relaks. Karena itu, air hangat diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram bahkan ketegangan otot perut secara instan,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

Meningkatkan laju metabolisme tubuh

Menurut Cara Walsh, RD seorang ahli gizi, minum air hangat tidak akan langsung membuat berat badan turun. Namun dengan minum air hangat, laju pencernaan dan metabolisme tubuh jadi lebih cepat dan lancar.

Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan kalori, sehingga kalori dalam tubuh jadi lebih cepat dibakar.

Namun, peningkatan kecepatan pembakaran kalori ini belum diketahui apakah sampai bisa menurunkan berat badan atau tidak.

Meskipun begitu, Walsh merekomendasikan memulai pagi hari dengan meminum air hangat untuk melancarkan metabolisme. Peningkatan laju metabolisme dapat membantu kerja saluran pencernaan dan ginjal lebih efisien.

Bukan hanya itu, Walsh mengatakan bahwa ketika air hangat masuk ke dalam tubuh, sensor saraf di mulut, kerongkongan, dan lambung menstimulasi bagian pusat kesenangan di otak menjadi lebih aktif.

Itu mengapa, air panas bisa dijadikan minuman pilihan saat sedang melakukan penurunan berat badan.

Meredakan hidung tersumbat

Air putih hangat yang cenderung panas mampu menghasilkan uap. Menghirup napas dalam-dalam dari uap lembut tersebut sambil memegang secangkir air hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat, bahkan sampai pada tahap meringankan sakit kepala akibat sinusitis.

Minum air putih hangat juga dapat membantu menghangatkan bagian leher dan kepala, sehingga ampuh untuk meluruhkan selaput lendir yang tersangkut. Sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir di bagian tersebut juga bisa teratasi jika Anda minum air putih hangat secara rutin.

Membantu mengatasi akalasia

Manfaat minum air hangat lainnya adalah untuk orang dengan akalasia. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung.

Orang-orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

Para peneliti belum bisa membuktikan ini secara ilmiah, tetapi air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman.

Terlebih lagi saat makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau sulit dicerna, air panas sangat membantu perjalanan makanan di kerongkongan.

Membantu kerja sistem pencernaan

Pada dasarnya air bagaikan pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses).

Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai secara lebih optimal.

Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *