Makanan Ini Dapat Mencegah Anda Dari Demensia

Kesehatan057 views

Inionline.Id – Menurut laporan World Health Organization (WHO) pada 2017, jumlah orang yang hidup dengan demensia di seluruh dunia saat ini diperkirakan mencapai 47 juta jiwa. Kondisi itu akan bertambah dan diproyeksikan bakal meningk menjadi 75 juta pada 2030.

Jumlah kasus demensia diperkirakan meningkat tiga kali lipa pada 2050. WHO mendefinisikan demensia sebagai sindrom, yang bersifat kronis atau progresif. Hal itu disebabkan oleh berbagai penyakit otak yang memengaruhi daya ingat, pemikiran, perilaku, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tanda dan gejala demensia di antaranya adalah kehilangan ingatan, kesulitan membaca, perubahan suasana hati, kurang konsentrasi dan sebagainya. Kondisi itu terjadi ketika neuron yang sebelumnya sehat (sel-sel saraf) di otak Anda berhenti bekerja, cenderung kehilangan koneksi dengan sel-sel otak lainnya, dan mati.

Berikut makanan yang bisa anda coba untuk dapat mencegah demensia:

Sayuran Hijau

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Martha Morris, dari Rush University Medical Center di Chicago, yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, mengungkapkan bahwa mengonsumsi bany sayuran hijau setiap hari dapat menangkal demensia di kemudian hari. Mengonsumsi kangkung, bayam, sawi dan sebagainya, bermanfaat karena makanan ini kaya folat dan vitamin B9, yang dapat membantu meningkatkan kognisi dan menurunkan depresi.

Buah Berry

Beberapa penelitian lain juga mengklaim bahwa buah berry berkaitan dengan peningkatan fungsi kognitif pada orang dengan gangguan kognitif ringan. Selain itu, buah berry juga mengandung antosianin yang melindungi otak Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka mengandung vitami dan E dan bersifat antiinflamasi dan antioksidan.

Kacang-kacangan

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacan dapat membantu menurunkan risiko demensia. Selain itu, ad banyak penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan da meningkatkan daya ingat pada orang yang sudah menderita Alzheimer.

Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, kacang walnut, hazelnut, kacang tana yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, vita E, folat, vitamin B6, dan magnesium.

Ikan

Banyak penelitian mengamati bahwa asam lemak omega 3 yang ditemukan pada jenis ikan tertentu dianggap bagus unt kesehatan otak Anda. Menurut penelitian, mereka yang maka omega 3 menunjukkan 26 persen lebih sedikit risiko mengalalesi otak yang mengakibatkan demensia dibandingkan denga mereka yang tidak. Asam lemak ini membantu meningkatkan kekuatan otak Anda. Pilihan ikan yang tepat di antaranya adalah salmon, sarden, tuna, biji rami dan minyak zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *