Ketahui Kondisi Kesehatan Dengan Melihat Perubahan Warna Pada Kuku Kaki

Kesehatan157 views

Inionline.Id – Kebanyakan dari kita tidak terlalu memikirkan tentang warna dari kuku kaki, namun ternyata bentuk dan warna dari kuki kaki dapat memberikan informasi tentangkesehatan tubuhmu.

Kuku kaki yang sehat akan terlihat halus dan berwarna merah muda. Jika terdapat warna, bintik-bintik, atau garis yang berbeda bisa saja terdapat indikasi mengenai masalah kesehatan.

Perubahan warna atau perubahan bentuk pada kuku mungkin dapat merupakan tanda dari suatu penyakit. Bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada hati, paru-paru, atau jantung.

beberapa tanda yang bisa diperhatikan dari kuku jari kaki dan hubungannya dengan masalah kesehatan:

Kuku kaki keunguan

Kuku kaki yang berwarna ungu disebabkan oleh hematoma subungual atau memar di bawah dasar kuku. Pembuluh darah kecil yang berdarah di bawah kuku “menodai” kuku sehingga tampak lebih gelap. Penyebabnya adalah trauma pada kuku, misalnya tersandung atau tertimpa sesuatu.

Jika ini terjadi, Anda memiliki dua opsi. Pertama adalah membiarkan kuku yang sehat untuk tumbuh kembali, meski opsi ini memakan waktu cukup lama karena kuku jari kaki hanya tumbuh 1 mm per bulan. Pilihan kedua adalah meminta dokter mengangkat kuku, jika memang sudah terjadi kerusakan.

Kuku kaki menguning atau kecoklatan

Jika kuku kaki berwarna kuning atau cokelat, ini pertanda adanya masalah pada sistem pernapasan atau sistem limfatik. Meski begitu, warna tersebut juga bisa disebabkan akibat komplikasi diabetes atau bisa juga karena jamur kuku.

Apabila ini disebabkan oleh jamur, maka kuku nantinya akan menebal dan rapuh. Hal ini terjadi ketika jamur mikroskopis menginfeksi satu atau lebih kuku. Organisme mikroskopis biasanya berkembang dalam lingkungan yang gelap, hangat, dan lembap.

Kuku kaki memutih atau ada garis dan bintik putih

Leukonychia atau adanya garis-garis putih pada kuku dapat menunjukkan beberapa kondisi. Garis-garis putih dapat muncul jika ada tekanan berulang atau trauma pada kuku (misalnya mengenakan sepatu yang ukurannya tidak pas atau sempit). Bintik-bintik putih akan terbentuk jika cedera tidak cukup parah untuk memecahkan pembuluh darah. Jika bintik-bintik putih disebabkan oleh cedera, cobalah mengonsumsi vitamin untuk kuku seperti biotin untuk memperbaiki rambut, kulit, dan kuku.

Waspadai gejala lain seperti kelelahan atau kelemahan otot. Ini bisa menjadi gejala kekurangan protein atau anemia, sehingga Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Kuku kaki memerah

Perubahan warna kuku kaki menjadi merah bisa disebabkan karena malnutrisi. Banyak orang yang tidak menyadari mereka kekurangan gizi karena gejala awal malnutrisi sangat sulit untuk dideteksi. Saat kuku berubah warna menjadi merah, ada baiknya untuk mengunjungi tim medis segera.

Kuku kaki menghitam atau ada garis hitam Kuku kaki yang benar-benar berwarna hitam mungkin memiliki banyak penyebab, seperti kekurangan B12, masalah ginjal, atau penyakit hati. Namun, alasan paling umum untuk perubahan warna ini adalah akibat trauma seperti memar.

Jika ini terjadi, Anda harus menunggu seluruh kuku tumbuh sebelum perubahan warna itu hilang. Biasanya, ini makan waktu sekitar 6-9 bulan.

Bila kuku kaki Anda tidak hitam tapi memiliki garis hitam vertikal, penyebab paling umum adalah melanonychia linear, yakni kondisi yang terjadi ketika pigmen di kuku yang dikenal sebagai melanosit membuat pigmen berlebih, sehingga menyebabkan dasar kuku menjadi gelap.

Kuku kaki yang menghitam juga bisa sebagai akibat dari konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, kanker kulit, atau penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *