Bupati Bogor Hadiri Peringatan Upacara Hari Amal Bakti ke-73 Kemenag RI Tingkat Kabupaten Bogor

Antar Daerah057 views

Inionline.Id – Bupati Bogor Hj. Ade Yasin menghadiri upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke – 73 Kementerian Agama RI Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bogor yang mengambil tema “Jaga Kebersamaan Umat”, bertempat di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Kecamatan Parung, Kamis (3/1).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bogor Ade Yasin bertindak selaku pembina upacara, orang nomor satu di Kabupaten Bogor ini membacakan amanat dari Menteri Agama RI.

Dalam sambutannya, Ade Yasin mengatakan bahwa Hari Amal Bakti merupakan hari paling membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama. Sebab, pada 3 Januari 1946 Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat negara dan pemerintah. “Pada saat itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama,” katanya.

Dia menjelaskan, berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat, agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat.

“Jadi ini tugas penting, pada setiap aparatur Kementerian Agama melekat misi untuk mengayomi bangsa, dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, serta menjaga kerukunan hidup antara umat beragama,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan bahwa saat ini memasuki tahun 2019, enam sasaran strategis program kementerian agama telah digariskan, yakni meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama.

“Saya berpesan enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah”, tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ade Yasin juga berpesan kepada semua elemen yang ada untuk mewujudkan supremasi nilai – nilai ketuhanan dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa.

Kegiatan ditutup dengan pemberian tanda kehormatan satyalancana karya satya kepada para Pegawai Kementrian Agama di Kabupaten Bogor, penyematan penghargaan dan pemberian penghargaan langsung dilakukan oleh Bupati Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *