7 Pimpinan LPSK Lakukan Sumpah Jabatan Dihadapan Presiden Joko Widodo

Nasional457 views

Inionline.Id – Tujuh Pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengikuti upacara pengucapan sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (07/01).

Tujuh pimpinan LPSK periode 2018-2023 itu antara lain, Hasto Atmojo Suroyo, Brigjen Pol (Purn) Achmadi, Antonius Prijadi Soesilo Wibowo, dan Edwin Partogi Pasaribu. Selain itu, Livia Istania DF Iskandar, Maneger Nasution, serta Susilaningtias.

Pelantikan tujuh pimpinan LPSK tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 232/P tahun 2018 tentang pengangkatan keanggotan LPSK. Di depan Presiden Jokowi, mereka pun mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi anggota LPSK akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap mereka bersama-sama.

Setelah selesai membacakan sumpah, satu per satu komisioner mulai dari Hasto sampai Susilaningtias menandatangani surat keputusan disaksikan Jokowi.

Sebelum mengucapkan sumpah, tujuh anggota LPSK ini telah disahkan oleh Komisi III DPR RI dalam sidang paripurna. Hal itu ditentukan setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

“Berdasarkan keputusan, lobi-lobi, telah disepakati tujuh orang yang terpilih, terlepas dari kekurangan dan kelebihan,” kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa saat rapat di Ruang Komisi III DPR, Jakarta, pada pertengahan Desember lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *