Kampung Warna-Warni Kalilo, Spot Wisata Unik Yang Wajib Didatangi

Banyuwangi, Inionline.Id – Kampung warna-warni Kalilo merupakan sebuah spot wisata yang terletak di bantaran sungai Kalilo.

Kampung Kalilo ini tepatnya berlokasi di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis yaitu berada di tengah kota dan hal tersebut membuat wajah Kota Banyuwangi tampak cerah.

Dahulu, tak ada yang istimewa di kawasan ini. Bahkan sempat dijadikan area pembuangan sampah. Tapi saat ini, kawasan tersebut telah disulap menjadi begitu segar dan tampak cantik dengan pemandangan rumah warna-warni sehingga dilirik menjadi objek wisata.

Wajah baru warna-warni Sungai Kalilo ini merupakan hasil kerjasama dari Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi yang didukung oleh masyarakat sekitar. Mereka bergotong-royong kurang lebihnya 90 alumni, Pemkab Banyuwangi dan masyarakat melakukan pengecatan dan bersih-bersih untuk membuat Sungai Kalilo tampil lebih indah dan sedap dipandang.

Sungai Kalilo sendiri memiliki nilai sejarah dan fungsi yang cukup vital di masa lalu bagi warga Banyuwangi. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, nama Kalilo berasal dari Kali yang artinya ‘Sungai’ dan Elo merupakan nama pohon yang dulu banyak tumbuh di kelurahan Singonegaran.

Sungai Kalilo ini dulu bisa dimanfaatkan kejernihannya, bahkan sungai ini juga banyak menginspirasi lagu-lagu daerah Banyuwangi.

Untuk yang ingin datang berkunjung ke Kampung Kalilo, kalian hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Nantinya, biaya parkir tersebut digunakan untuk merawat dan menjaga keindahan sungai dan Kampung Warna-Warni Kalilo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *