130 Gempa Bumi Terjadi Setelah Gunung Berapi di Italia Meletus

Internasional157 views

Inionline.Id – Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna di Sisilia, meletus pada Senin Malam 24/12. Otoritas setempat melaporkan terjadinya lebih dari 130 gempa bumi berkekuatan hingga 4,3 Skala Richter (SR) akibat erupsi vulkanik Etna.

Dilansir Reuters, letusan ini mengirimkan gumpalan besar abu ke langit dan menyebabkan penutupan Bandara Catania di pantai timur Sisilia. Belum ada laporan korban jiwa atau luka-luka atas kejadian tersebut.

Badan pemantau aktivitas vulkanik di dekat Etna menyebut gunung tersebut memuntahkan lava pijar dari kawah di bagian tenggara. “Ini merupakan erupsi pertama dari bagian pinggir Etna dalam lebih dari satu dekade lalu,” ucap seorang pakar vulkanologi.

Meski Etna sering mengalami erupsi, Institut Vulkanologi Italia (INGV) mengatakan pada Agustus lalu bahwa gunung berapi itu berkembang lebih cepat dari biasanya dalam beberapa tahun terakhir.

Maret lalu, sebuah tim vulkanologi asal Inggris mengatakan keseluruhan struktur Etna berkembang meluas ke arah laut, dengan rata-rata 14 milimeter per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *