Evakuasi Korban Lion Air Diperpanjang Tiga Hari Khusus Tim Basarnas

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI Muhammad Syaugi menyatakan operasi evakuasi pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT-610di laut utara Karawang, Jawa Barat, akan diperpanjang kembali.

Penambahan masa evakuasi ini, kata Syaugi, karena pihaknya melihat masih ada potensi korban yang mungkin bisa ditemukan. “Kami putuskan operasi evakuasi pencarian korban kami perpanjang tiga hari khusus tim Basarnas,” ujarnya di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, pada Rabu (07/11).

Dia menegaskan hanya tim Basarnas saja yang tetap melakukan operasi SAR dalam tiga hari ke depan, tidak seperti pada 10 hari awal evakuasi korban dimana personel dari berbagai unsur terlibat. Keputusan perpanjangan ini diambil setelah tim gabungan melakukan koordinasi dan meninjau lokasi titik jatuhnya pesawat.

Syaugi menyampaikan terima kasih kepada unsur SAR non-Basarnas atas dedikasinya dalam proses evakuasi. Menurut dia, tim gabungan memiliki kebulatan tekad yang tinggi dan sinergi yang baik dalam proses SAR sehingga pada hari Rabu sudah bisa mengevakuasi 186 kantong jenazah.

Syaugi menerangkan untuk kelanjutan operasi selama tiga hari ke depan, Basarnas memiliki kekuatan 220 orang dan 60 orang penyelam. Sebanyak 40 orang, kata dia, berada di lautan untuk melakukan operasi sementara 20 lainnya berjaga dan siap sedia di posko.

Basarnas akan melanjutkan pencarian di titik lokasi di mana serpihan dan puing pesawat ditemukan, dekat Kapal Victory milik Pertamina, dengan radius 250 meter. Basarnas juga masih akan membuka posko di Tanjung Priok dan Tanjung Pakis, Karawang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *