Sulitnya Identifikasi Korban Lion Air JT 610

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Kepala Rumah Sakit (RS) Polri Komisaris Besar Musyafak mengaku bahwa hasil forensik untuk mengidentifikasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 lewat postmortem masih nihil. Menurut Musyafak hingga hari kedua usai insiden kecelakaan, Selasa (30/10) kemarin, sudah ada 26 jenazah yang telah dilakukan pemeriksaan dan rekonsiliasi.

“Namun hasilnya belum satupun yang teridentifikasi, masih nihil,” kata Musyafak di RS Polri, Jakarta Timur, Rabu (31/10). Musyafak mengatakan kesulitan yang ditemui yakni karena sebagian besar kondisi jasad yang tiba di RS Polri sudah tidak lagi utuh. Namun, dia tidak merinci bagian tubuh apa saja yang paling banyak mengisi kantung jenazah.

Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Arthur Tampi  juga mengatakan hal yang sama. Tim Disaster Victim Identification (DVI) kesulitan mengidentifikasi jenazah korban jatuhnya Lion Air JT 610 yang berada di 24 kantong. Hingga saat ini, tidak ada satupun korban yang teridentifikasi. Arthur  mengatakan, telah memeriksa 24 kantong jenazah, yang isinya 87 bagian tubuh manusia.

“Kami sampaikan hari ini belum bisa mengidentifikasi satu pun korban dari 24 kantung jenazah yang kita terima sampai siang tadi,” ucap dia di RS Polri Kramatjati, Selasa 30 Oktober 2018.

Arthur menjelaskan, penyebab sulitnya mengindentifikasi karena kondisi jenazah korban Lion Air JT 610 sudah dalam keadaan tidak utuh. “Yang terima adalah body part memang ada beberapa ciri spesifik yang ditemukan tapi kita belum bisa merilis itu karena dari data antemortem ada beberapa keterangan keluarga ada yang mempunyai keluarga ciri yang sama,” ujar dia.

Kemungkinan, proses identifikasi akan menemui titik terang dalam jangka waktu empat hingga delapan hari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *