Diplomat Kemlu Ajak 7 Negara Mitra Garap Ekonomi Kreatif

Batam, IniOnline.id -Diplomat Kementerian Luar Negeri peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Luar Negeri (Sesparlu) memperkenalkan potensi ekonomi kreatif Indonesia kepada mitra diplomat dari 7 negara. Mereka diajak menggali peluang kerja sama teknologi digital, industri animasi dan film di Infinite Studio, Nongsa Digital Park (NDP) yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (29/8).

“Kita mendorong agar para mitra diplomat dari Peru, Vietnam, Papua Nugini, Kamboja, Guyana, Fiji, dan Azerbaijan melihat peluang kerja sama berbasis teknologi digital dengan Indonesia,” tutur Direktur Sesparlu June Kuncoro Hadiningrat.

Infinite Studio merupakan kerja sama joint venture antara Indonesia dan Singapura yang didirikan sejak tahun 2006 dan telah menjadi partner sejumlah kanal televisi internasional terkemuka. Di studio ini berkumpul anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan dinamis.

Sementara itu, NDP merupakan salah satu hasil konkret implementasi visi Presiden RI dan PM Singapura untuk menumbuhkan budaya inovasi di sektor digital ekonomi. Pada 20 Maret 2018, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, bersama Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakhrisnan, meresmikan pusat industri digital di Batam tersebut.

Pada saat itu, Menlu Retno mengharapkan NDP mampu mendorong perluasan akses internet, akses permodalan dan akses ke para pemuda bertalenta serta kerja sama internasional dan investasi.

NDP sendiri bertekad untuk menjadi digital bridge Batam dan Singapura serta berperan dalam mendorong perkembangan digital economy Indonesia. Tempat ini juga diharapkan dapat menjaring anak muda berbakat Indonesia untuk mengembangkan industri kreatif dalam negeri yang  berdaya saing tinggi di kancah internasional. Kementerian Luar Negeri diharapkan dapat terus mendukung pengembangan NDP lebih lanjut untuk mencapai target tersebut.

Lawatan peserta Sesparlu ke Batam ini adalah rangkaian dari kunjungan ke tiga pulau di Kepulauan Riau, pada 27 Agustus – 1 September 2018. Sebelum ke Batam, peserta Sesparlu telah bertemu dengan Pemprov Kepulauan Riau dan Pemda Kabupaten Bintan. Beberapa potensi kerja sama diantaranya pariwisata, perikanan dan kemaritiman. Berikutnya, para peserta Sesparlu akan melanjutkan kunjungan ke Pulau Natuna.(kemlu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *