Perumahan Bersubsidi Mendapatkan Bantuan

Bandung, IniOnline.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi di Provinsi Jawa Barat. Salah satu perumahan bersubsidi yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Perumahan Pesona Bukit Bintang di Kabupaten Bandung.

“Perumahan Pesona Bukit Bintang di Kabupaten Bandung menjadi salah satu contoh lokasi yang pemberian PSU nya dapat dilakukan secara masif oleh Kementerian PUPR. Setelah mendapat bantuan PSU tingkat penghuniannya sangat tinggi serta bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi AH saat melakukan peninjauan lapangan penerima bantuan PSU ke Perumahan Pesona Bukit Bintang di Kabupaten Bandung pada hari Kamis, 29 Maret 2018 lalu.

Khalawi menjelaskan, Bantuan PSU ke Perumahan Pesona Bukit Bintang merupakan salah satu contoh pemberian bantuan infrastruktur dari pemerintah ke dalam perumahan skala besar. Sebagai informasi, Perumahan Pesona Bukit Bintang merupakan lokasi penerima Bantuan Tahun Anggaran 2017 di Kabupaten Bandung. Perumahan yang dibangun memiliki daya tampung sebanyak 1800 unit dan menjadi salah satu perumahan dengan serapan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) terbesar di Kabupaten Bandung.

Pembangunan perumahan skala besar bagi MBR, ujar Khalawi, tentunya juga selaras dengan misi pemerintah dalam mendorong capaian Program Satu Juta Rumah. Untuk itu Kementerian PUPR akan terus mendorong upaya pemerintah daerah dan pelaku pembangunan dalam menyediakan perumahan berskala besar di daerah.

“Saya juga mengapresiasi pemerintah daerah dan pelaku pembangunan yang telah mendukung capaian Program Satu Juta Rumah khususnya di Provinsi Jawa Barat dan saya kira ini perlu menjadi gerakan bersama kita untuk mewujudkan satu juta rumah untuk rakyat,” imbuhnya.

Direktur Rumah Umum dan Komersial, Dadang Rukmana yang turut mendampingi Dirjen Penyediaan Perumahan mengunjungi perumahan Pesona Bukit Bintang mengemukakan Bantuan PSU yang diberikan meliputi jalan lingkungan paving block. dengan panjang 680 meter untuk melayani 200 unit rumah umum. Pada Tahun Anggaran 2018, Bantuan PSU meliputi 30% dari daya tampung perumahan, sehingga dapat diberikan untuk melayani 200 unit rumah umum.

“PT. Bintang Bangun Berderet telah berhasil membangun perumahan secara masif di Kabupaten Bandung. Saya kira hal ini menunjukkan bantuan PSU yang diberikan pemerintah dapat memberi stimulasi bagi pengembang untuk membangun rumah MBR lebih banyak dan hal itu terlihat di perumahan ini,” ujarnya.

Di samping mendapat bantuan dari pemerintah, pengembang perumahan Pesona Bukit Bintang juga fokus terhadap penyediaan sarana ibadah dan meningkatkan kualitas rumah. Direktur PT Bintang Bangun Berderet, Weda menyampaikan pihaknya sedang membangun masjid di dalam perumahan dan mengganti spesifikasi kusen dari kayu ke baja ringan. Hal dilakukannya semata-mata agar masyarakat dapat menempati rumah yang layak dan nyaman di perumahan tersebut.(pupr/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *