DISDUKCAPIL KOTA BOGOR DUKUNG PENUH PROGRAM P2WKSS

IniOnline.id – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat kota Bogor, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Bogor (Disdukcapil) bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak kota Bogor (DPMPPA) dalam melaksanakan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang ada di kota Bogor. Hal tersebut dibuktikan ketika Disdukcapil kota Bogor menghadiri verifikasi awal program P2WKSS yang digelar selasa (13/03/18) di kampung Kedung Halang Wesel, kelurahan Sukaresmi, kecamatan Tanah Sareal, kota Bogor.
Kepala bidang kependudukan Disdukcapil kota Bogor, Agus Suparman menyatakan bahwa sinergitas antara Disdukcapil kota Bogor dengan DPMPPA cenderung kepada tiga jenis pelayanan yang harus dilaksanakan oleh Disdukcapil kota Bogor yaitu permohonan pembuatan akta kelahiran terhadap seratus kepala keluarga (KK) binaan kota Bogor, program perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL), serta pencetakan KTP-EL untuk seratus KK binaan tersebut. Selain tiga program pelayanan tersebut, Agus juga mengutarakan bahwa sebenarnya target pelayanan tidak hanya lingkungan seratus KK binaan kota Bogor saja, tetapi warga sekitar pun juga bisa diberikan pelayanan kependudukan agar hak identitas masyarakat kota Bogor dapat terpenuhi. “Kita kan sambil menyelam minum air, jadi saya juga sudah menyampaikan ke RT, RW, sampai lurah bahwa diluar 100 KK binaan ini silahkan jika ada masyarakat yg butuh pelayanan kependudukan kami akan siap melayani” ujar Agus. Ketika disinggung terhadap kesediaan tinta cetak yang menghambat proses pencetakan KTP-EL hingga hari ini, Agus menyampaikan bahwa diusahakan betul akhir bulan maret tinta cetak sudah tersedia sehingga pencetakan KTP-EL warga kota Bogor kembali bisa dilaksanakan. “Untuk 100 KK binaan tadi ketika datanya sudah memenuhi kategori Print Ready Record (PRR) maka akan kami prioritaskan pencetakannya ketika tinta cetak sudah tersedia” ujar Agus.
Pada acara verifikasi awal P2WKSS tersebut hadir pula Sekretaris Daerah kota Bogor, Ade Sarip Hidayat. Ade mengungkapkan bahwa dipilihnya kelurahan sukaresmi sebagai lokasi digelarnya verifikasi awal P2WKSS ini juga bukan asal tunjuk melainkan juga telah melalui proses seleksi dan verifikasi sehingga dinyatakan layak untuk menjadi lokasi digelarnya verifikasi awal P2WKSS dari tingkat provinsi Jawa Barat. Sambil bergurau Ade mengungkapkan bahwa terkadang semangat para ibu-ibu kader PKK melebihi semangat pegawai negeri sipil (PNS) maka atas dasar tersebut Ade berharap kedepannya dukungan lebih akan diberikan kepada PKK kota Bogor baik itu anggaran maupun fasilitas. (na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *