Menag Mengingatkan Jajarannya Untuk Bisa Memimpin Satuannya Masing-Masing Dengan Baik

IniOnline.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan jajarannya untuk bisa memimpin satuan kerjanya masing-masing dengan baik. Salah satunya adalah dengan menerima masukan dari para pelaksana di bawahnya.

Pesan ini disampaikan Menag pada kesempatan Gala Dinner Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama tahun 2018 di Jakarta. Rakernas ini diikuti pejabat Eselon I dan II Kemenag pusat, serta para Kakanwil Kemenag Provinsi dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

“Memimpin itu hanya dari atasan kepada bawahan, ini adalah teori yang sangat usang,” kata Menag, Senin (29/01). Karenanya, pelaksana juga jangan berfikir bahwa atasan itu tidak boleh disikapi lain, kecuali di-iyakan.

“Ketika pelaksana menyampaikan pendapat atau saran atas satu masalah kepada pimpinan dengan menyampaikan berbagai pertimbangan atas tindakan yang akan diambil, kemudian menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pimpinan, maka itu perlu didengar dengan baik,” katanya memberikan contoh.

Selain itu, pimpinan juga harus teliti dalam bertugas. Menurutnya, pimpinan jangan hanya rajin bekerja tapi malas berfikir. “Jangan terbiasa menggampangkan urusan,” katanya.

Sebelumnya, Sekjen Kemenag Nur Syam yang terlebih dahulu mendapat kesempatan berbagi pengalaman mengaku kagum dengan ketelitian Menag dalam bekerja. “Menag itu orangnya sangat teliti, ibarat surat, tanda titik dan koma saja dia koreksi,” katanya.

Gala Dinner Rakernas ini diiringi lantunan musik dan lagu. Beberapa peserta ikut sumbang suara, menjadikan suasa lebih hangat dan tampak penuh keceriaan. (kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *