Distarkim Purwakarta Menata TPU Jadi Taman

Purwakarta, IniOnline.id-Dinas Tata Ruang Dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta melakukan penataan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sehingga berubah menjadi Taman Pemakaman Umum yang terintegrasi. Hal itu dilakukan agar kesan kumuh dan menyeramkan tidak lagi muncul di tengah masyarakat.

Kepala Distarkim Aep Durohman mengatakan, tahun 2018 pihaknya akan membuat taman di area pemakaman umum. Termasuk menata kembali pemakanan yang sudah ada agar lebih tertata dan indah. Sehingga kesan kumuh serta menyeramkan tidak ada lagi.

“Penataan pemakaman akan dilakukan pada tahun depan, dimana pemakaman percontohan akan ditunjuk oleh kecamatan masing-masing,” ujar Aep Durohman kepada IniOnline.id, Selasa kemarin (28/11) di Kantor Distarkim Purwakarta.

Terkait sistem terintegrasi yang digulirkan menurut Aep, merupakan keterpaduan antara Distarkim dengan Dinas-Dinas terkait lainnya, dengan cara memanfaatkan Aplikasi Ogan Lopian. Masyarakat tinggal meng-klik menu yang ada di Aplikasi tersebut, yaitu Distarkim maka akan muncul pemakaman.

“Dengan Aplikasi ini bisa saling terintegrasi, mulai dari Dinas Kependudukan untuk mengeluarkan akte kematian, Dinas Kesehatan bila memerlukan mobil Jenazah, Bidang Kesra untuk mengeluarkan uang santunan, serta Dinas lain yang berhubungan,” ungkap Aep.

Diharapkan dengan adanya penataan Taman Pemakaman Umum, akan termonitor berapa jumlah TPU yang masih layak serta masih bisa menampung untuk pemakaman baru.

“Dalam pengelolaannya, saya pastikan penataan pemakaman umum mengikuti karakter Purwakarta,” tandasnya. (Dauf H/Soeft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *