Wujudkan 1 Koperasi 1000 UKM, Pemkot Tangsel Gelar Harkopda 2017

Tangsel–inionline.id–Dalam mewujudkan program “ 1 Koperasi 1000 UKM”, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar Harkopda Tangsel Expo 2017.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dahlia Nadeak menyatakan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM berupaya mewujudkan para pelaku UKM untuk terus produktif, sehingga mampu membangun ekonomi daerah yang mampu mensejahterakan masyarakat serta mempersatukan NKRI.

“Upaya itu dilakukan dalam memfasilitasi para pelaku UKM dengan mempromosikan dan memamerkannya dalam ajang Event yang akan dilaksanakan di Lapangan ITC BSD, Serpong dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB dari tanggal 5 hingga 8 Oktober, dan langkah ini juga untuk mewujudkan 1 koperasi 1000 UKM. Dengan begitu, diharapkan mampu menyamaratakan masyarakat dan memperkokoh NKRI di bidang Ekonomi melalui Koperasi,” terangnya saat launching event Harkopda Tangsel Expo 2017, di Aula Balaikota Tangsel lantai 4, Jumat (15/9/2017).

Tema yang diusung dalam event tersebut yakni ‘Koperasi menuju pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)’ dan akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang di ITC BSD Serpong, Tangsel.

Dahlia juga menjelaskan, terwujudnya Koperasi yang sehat menjadi dasar pengembangan perekonomian rakyat, sehingga mampu mendorong pembangunan perekonomian nasional secara mandiri, berkeadilan sosial dan sustainable (berkelanjutan). UKM yang maju sebagai pilar gerakan koperasi menjadi landasan dasar untuk mewujudkan kemandirian rakyat mencapai kekuatan dalam persaingan global, Memberikan pemahaman koperasi pada masyarakat mengenai arti pentingnya koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional.

“Hal ini ditujukan untuk menggali potensi kewirausahaan dalam masyarakat sebagai upaya penciptaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, membangkitkan semangat berorganisasi berbasis perekonomian rakyat sebagai upaya memakmurkan diri dan kelompoknya,” jelasnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie sangat menginginkan koperasi di Tangsel dapat tumbuh bersama dan maju karena adanya peran penting didalamnya, dengan menyerap tenaga kerja, dapat terus eksis dan bertahan, sehingga ikut mendukung masyarakat dengan pameran dalam negeri dan luar negeri dengan visi, cerdas, berdaya saing dan berjenjang Internasional.

“Dapat mendukung Inovasi dan dan berkreasi dengan teknologi dan infrastruktur dengan sifat optis dapat maju, berkembang dan mandiri dalam melalukan pameran koperasi sehingga memiliki daya tarik sendiri, dengan inovasi dalam menegakkan event produk koperasi,” katanya.

Demikian pula pria yang kerap disapa Bang Ben berharap, adanya peringatan Harkopda nantinya koperasi bisa disambut baik oleh seluruh koperasi yang ada di Tangsel, adapun untuk jatuh bangun dari koperasi tersebut biasa dimana tidak menyerah, dalam melakukan perjuangan di koperasi.

“Diharapkan mampu menumbuhkan Semangat berkoperasi, Memberikan Pemahaman yang benar tentang Perkoperasian, dan meningkatkan komitmen berkoperasi dengan target mendorong semua Insan koperasi untuk semangat bekerjasama dan bersinergi dalam rangka Mewujudkan Koperasi Yang Sehat,“ harap Bang Ben.

Kemudian Dahlia juga menambahkan, dalam program Hari Koperasi Daerah Kota Tangsel beragam event yang akan menambah meriah acara tersebut dengan Sosialisasi Gerakan Anti Narkoba, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Foto Selvie Bersama Walikota Tangerang Selatan, Lomba Fashion Show TK / SD, Talkshow Aksesibilitas Pembiayaan & Pemasaran UKM, Gerebek Produk UKM, Speech Contest Antar Mahasiswa, Door Prize Donor Darah & Perpanjangan SIM, Hiburan Musik, produk UKM daerah yang disediakan 120 Stan untuk memeriahkan puncak perayaan hari koperasi.

“Untuk rangkaiannya ada Pameran Koperasi UKM & Produk Unggulan Daerah, Gerak Jalan Santai Harkopda Tangsel 2017, Seminar Koperasi & Kewiurasahaan, Bung Hatta Corner, Lomba Cerdas Cermat Antar Koperasi, Pemilihan Stand Pameran Terbaik, Pagelaran Seni & Budaya, Lomba Paduan Suara Mars Koperasi, Lomba Tabuh Bedug Lomba Band Akustik, Lomba Mewarnai TK & SD, Kontes Fashion Show TK & SD, dan masih banyak lagi lainnya,” tandasnya (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *