Dinas Pertanian Sesuaikan Target Cadangan Pangan Nasional melalui TMMD ke 100

PURWAKARTA, IniOnline.id-Sebagai daerah yang ditarget menjadi cadangan pangan nasional, Kabupaten Purwakarta menyesuaikan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0619/Pwk di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu dan Desa Maragluyu Kecamatan Kiarapedes.

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta memperkirakan terdapat 100 hektare lahan potensial di dua desa lokasi TMMD 100 yang nantinya akan dikembangkan komoditas kedelai dan jagung dengan sawah semi irigasi. Sehingga kebutuhan cadangan pangan salahsatunya bisa tertanggulangi oleh dua desa tersebut.

“Tipologi lahan di perbatasan Kecamatan Cibatu dan Kiarapedes, termasuk dataran tinggi, sangat cocok untuk komoditas tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan.

Disebutkan, komoditas kedelai dengan luas lahan potensial 100 hektare, bisa menghasilkan sekitar 250 ribu ton sekali panen. Asumsinya per satu hetare dapat menghasilkan sekitar 2,5 ton. Harga kedelai pun lumayan tinggi, yakni untuk pembelian Bulog kedelai kering Rp8.500/kg.

“Kondisi di perbatasan dua desa itu sangat cocok untuk komoditas pertanian tersebut. Karena masih terbatasnya sumber-sumber air maka komoditas itu yang memungkinkan,” tandasnya. (DH/Soeft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *