Unhan Gelar Indonesia International Defense Science Seminar 2017

Bogor – inionline.id – Universitas Pertahanan (Unhan) akan menyelenggarakan seminar bertaraf internasional, pada 12 Juli-13 Juli 2017 di Kampus Bela Negara, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Seminar dengan tema “New Thinking for Strategic Policy in the Field of Security, Stability and Humanities Affairs in Region of Asia Pacific and Oceania” tersebut mengundang para pakar pertahanan sebagai pembicara yakni dari Eropa, Amerika Serikat, Asia dan Australia.

Sementara para pakar pertahanan dari Indonesia tampil sebagai pembicara dari akademisi dan praktisi, termasuk dua mantan Menteri dan satu mantan Kasal. Kedua mantan menteri tersebut adalah Mantan Menteri Pertahanan RI Prof Dr Purnomo Yusgiantoro dan mantan Menseskab Dr Andi Wijayanto dan mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio.

Seluruh pembicara akan terbagi ke dalam empat topik, yakni security, stability, human security dan human welfare dengan perspektif defense studies dan defense technologies.

Indonesia International Defense Science Seminar 2017 bermaksud menggali pemikiran-pemikiran baru tentang keamanan dan kesejahteraan global guna meningkatkan bahan perkuliahan dan promosi Unhan pada forum internasional.

Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, menjelaskan bahwa seminar akan dibuka secara resmi oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, sekaligus didapuk menjadi keynote speaker.

Ia menambahkan bahwa seminar internasional ini juga akan dihadiri para Duta Besar dan Atase Pertahanan negara sahabat yang berada di Jakarta. Tak ketinggalan lembaga-lembaga internasional, LSM, think tank dan para pengamat militer pun ikut hadir.

Kesempatan yang baik ini juga dimanfaatkan para pejabat TNI dari Kemhan RI, Mabes TNI, ketiga Mabes Angkatan dan Mabes Polri untuk berdiskusi dengan para pakar. Sejumlah perguruan tinggi terkemuka dari dalam negeri dan luar negeri dijadwalkan turut hadir.

Bahkan empat BUMNIS, yakni PT Pindad, PTDI, PT Inti dan PT LEN menjadikan seminar internasional ini sebagai ajang promosi industri pertahanan.

Tujuan seminar adalah tergalinya pemikiran akademik baru membahas isu security, stability, human security dan human welfare. ( Mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *