Presiden Trump Kagum Dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Jakarta, 10/07/2017 – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melakukan konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) di Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, Sabtu (08/07). Menurut Menkeu, di dalam pertemuan seperti ini, Indonesia dibanding-bandingkan negara lain misal dari aspek investment grade growth-nya. “Indonesia dianggap sebagai negara yang performing well mulai dari tadi Presiden Trump mengatakan Wow! 5%? Kita envy. Kita ingin pertumbuhan yang tinggi,” ujar Menkeu seraya sampaikan pertanyaan Presiden Trump bagaimana cara memperolehnya.

Menkeu menjelaskan mengenai nilai positif bergabungnya Indonesia di Group 20 (G20) yaitu terlihat Indonesia ada di level mana. “Jadi dari sisi kalau dibanding-bandingkan apakah yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dibandingkan negara lain katakanlah posisi makro ekonomi, pertumbuhan ekonomi, inflasi, perdagangan internasional, nilai tukar, kesempatan kerja. Itu semuanya bisa menggambarkan bahwa Indonesia ada di level mana,” jelas Menkeu.

Menurut Menkeu, pertemuan seperti ini bisa diukur sebagai salah satu bentuk confidence dan menaikkan reputasi Indonesia yang kemudian menciptakan daya tarik lebih banyak tapi pada saat yang sama Indonesia juga bisa belajar dari yang lain. “Itu adalah hal-hal yang menurut saya konkret untuk bisa dilihat dicapai oleh Indonesia tapi sebagai negara yang besar Indonesia akan makin diminta untuk menjadi warga dunia yang makin responsible,” papar Menkeu. (kemenkeu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *