Mentri Agama Beri Pembekalan Bagi Calon Capaja dan AAU

Headline, Nasional157 views

Yogyakarta – inionline.id

Memberikan pembekalan bagi para Calon Perwira Remaja (Capaja) dan Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2017, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa para Capaja dan Taruna hakekatnya adalah orang pilihan. Dipercaya negara untuk mengemban amanat melindungi dan menjaga NKRI, dan kehormatan itu tidak hanya diberikan negara, juga oleh Tuhan.

“Jadi saudara menjadi perwira tidak begitu saja, tapi ada tangan Tuhan yang ikut menentukan, setelah melalui prosesi seleksi, pendidikan dan lainnya, lalu kemudian saudara terpilih menjadi orang pilihan, yang memilih tidak hanya negara tapi juga Tuhan, maka kita harus mensyukuri kehormatan ini,” ujar Menag saat memberikan pembekalan bagi Capaja dan Taruna AAU di Kampus AAU Yogyakarta, Senin (10/07).

Bagaimana cara mensyukurinya, Menag menyampaikan dua cara mensyukurinya atas kehormatan dan kemuliaan tersebut. Pertama, jaga dan pelihara betul kepercayaan dan amanah ini. Kedua, tidak semata menjaga dan merawat amanah ini, juga agar bagaimana kepercayaan ini bisa dikembangkan ke yang lebih baik, dengan situasi dan kondisi kita, karena era dan zamannya memiliki tantangan masing-masing.

Kehadiran Menag di Kampus AAU disambut Gubernur AAU Iman Sudarajat dan deretan anggota marching band Taruna dan para Capaja hingga memasuki aula pertemuan Dari Sabang Sampai Merauke.

Gubernur AAU Iman Sudrajat menyampaikan, kehadiran Menag sebagai pembicara tunggal dinilai sangat penting untuk memberikan pembekalan tentang sejumlah isu-isu keagamaan dan radikalisme kepada para Capaja khususnya yang akan terjung ke masyarakat setelah menyelesaikan pendidikannya.

“Kami sengaja mengundang bapak Menag untuk langsung memberikan pembekalan bagi para Capaja dan Taruna agar mereka memperoleh pengetahuan dan wawasan memadai tentang isu-isu keagamaan dan lainnya,” ujar perwira berbintang dua asal Sukabumi ini.

Usai memberikan paparan, peserta diberikan kesempatan berdialog dengan Menag. Selanjutnya, Menag bersama Gubernur, dosen, para capaja dan taruna berfoto dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Hadir mendampingi Menag, Direktur Diktis M Nizar dan Kakanwil Kemenag Yogyakarta HM Lutfi Hamid.(kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *